Itinerary Korea Selatan (Seoul, Jeju)


“Mas itinerary sampeyan gimana?”, “Mas kemana aja kemarin pas ke korea?”, “Mas, kirimin itin kemarin dong!”, “Mas, THR dong!!”

Oke fine, lupakan statement paling akhir. Berasaskan desakan pertanyaan diatas, akhirnya saya mencoba share penyusunan itinerary pas kemarin saya ke Korea. Penyusunan kali ini saya buat gak sebegitu rumit dan ketats kayak pas kemarin ke Jepang. Saya cuma list tempat-tempat yang emang jadi bucket listnya traveller. Masalah hari, tergantung mood. hehehe. . . Disamping itu, berhubung saya gak maniak banget sama K-pops dan Drakor jadi saya gak begitu ngejar ke salah satu tempat kayak SBS, SM Entertainment, atau itu lo warung kopinya jung-un atau siapa gitu. Wehehehe. . *Untuk budgeting, saya jelaskan nanti di artikel yang lain

Itinerary yang saya buat ini adalah penyesuaian dengan istri yang sedang hamil (meskipun ujung-ujungnya gak jadi ikutan. wkwkwkwk) dan budget-able, jadi untuk Mt. Seorak dan DMZ Tour (Tour perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan) saya gak masukkan ke list. hehe. . Siapa tahu mulai sekarang temen-temen mau persiapan nyaksiin hari patah hati internasional di nikahan Song-song Couples ya silahkan.

Itinerary Korea Selatan

Diatas, saya tuliskan berdasarkan kompleks lokasi wisata (supaya memudahkan jika diambil per hari). Dan itupun gak semua saya datengin karena satu dan lain hal. Yang pasti rencana tidak selalu sama dengan yang ada di lapangan. Apalagi saya lumayan hobi jeprat-jepret, jeleknya kalo lagi mood kadang bisa lama di satu tempat, cari moment yang pas, otak-atik settingan kesana kamari. wkwkwk. . Ditambah kondisi-kondisi gak penting lain. Kayak misalnya, nyaman banget di satu tempat, hujan, ke kedai kopi terus ngobrol kesana kemarin ngalor ngidul, plus ditambah kesana akhir Maret 2017, suhu masih sekitar 7-13 derajat buat keluar malesnya minta ampun. Jadi rata-rata keluar itu jam 10.00-13.00 (mungkin karena pulangnya juga malem 11-12 malem). Apalagi kalo di Korea itu, penginapan di kasurnya ada heater. Jadi anget. Pagi-pagi, kasur anget, di luar dingin. Bisa merasakan toh? Heuheuheu. .

Selain alasan klasik diatas, berhubung saya “madhzab”nya backpacker, jadi lebih memprioritaskan free enterance ketimbang yang bayar. Kayak misalnya ke Dongdaemun Design Plaza juga gak sampai masuk, cari lokasi instagramable di luar juga sudah cukup buat jeprat-jepret (pas kemarin saya kesana kebetulan ada Fashion Week, jadi banyak objek foto gratis) atau Teddy Bear dan Trick Eye Museum gak jadi kesana karena ya itu tadi, bayar. Hehehe. . Tapi list di atas itu bucket list yang saya kutip dari beberapa itin/artikel trip ke Korea Selatan ya. Jadi silahkan temen-temen pilih sendiri. Sengaja saya gak bagi per hari, agar flexibilitas pengaturan waktu bisa kalian atur sendiri. Yang gak masuk list di atas karena mendadak kesana ada SM Town (COEX), Ihwa Mural Village.

Berikut travel story saya di Korea (masih bakal nambah lagi. hehehe)

Tambahan, silahkan di download semoga bermanfaat.

Atau mungkin ada yang mau ditambahkan di bagian bucket list, silahkan mari ngobrol disini. 🙂

Terima kasih.
Selamat jalan-jalan. Mari selamatkan generasi bangsa dari bahaya kurang piknik.
Jakarta, 18 Juli 2017

8 thoughts on “Itinerary Korea Selatan (Seoul, Jeju)

      • Triyoga AP says:

        Hahahaha. . Yowes ndang mba, insaf. Insaf nggo nulis. 🙂

        Sakjane sih biar menyeimbangkan kebiasaan mbolang sama nulis. Sayang wae nek menguap. Tapi jadi campur aduk gak karuan. wehehehehe. . 🙂

        Nek trafik sih biasa wae mbak. Hahahaha. .

  1. Nur Irawan says:

    ah, nunggu desember atau november yak pernikahannya Song song couple itu, hahah
    untung aku nggak patah hati karena hal itu, tapi tetap saja, pengen juga ke seoul. #sadar, itu hanya mimpi yang tak mungkin terwujud, huhuhu

Yuks!! Ngobrol di mari.

