Upgrade RAM Notebook


Dear all visitor, please read first than ask. 

Oke, berhubung saya lagi pengen upgrade RAM, soptingan kali ini saya sekedar sharing ke temen-temen tentang apa saja yang harus dilihat jika ingin melakukan upgrade RAM Notebook, mungkin pembahasan ini akan sama dengan RAM PC biasa, tapi barangkali terjadi pertanyaan yang berkeliaran di seputar non notebook, maka batasan masalah soptingan kali ini, saya spesifikan lagi, yaitu hanya RAM terpaku pada pembahasan upgrade RAM notebook saja. #mahasiswaakhiroriented [*nyengirboiben]

Yang terpenting sebelum mengupgrade RAM adalah mengetahui hal-hal sebagai berikut [*versi saya sendiri]: 

Kebutuhan Upgrade
Pertama yang harus dilihat adalah alasan mengenai, “Mengapa sih perlu upgrade RAM?”. Jangan sampai, melakukan upgrade hanya karena ingin saja, hanya karena ikut-ikutan teman, hanya karena alasan biar gak lemot bla bla bla. Mungkin yang lebih terasa memang benar, ketika kita akan melakukan upgrade RAM, satu hal yang kita rasakan adalah kecepatan yang lebih dibanding sebelum dilakukan upgrade. Tapi, satu hal yang terkadang kita lupa, apakah hardware + software kita juga support dalam upgrade tersebut atau tidak? Jika tidak, upgrade gila-gilaan yang kita lakukan akan sia-sia saja. Poin pertama dicatat baik-baik ya, karena ini jadi kunci awal sebelum poin-poin berikutnya🙂

Jenis Processor
Pada dasarnya, masing-masing processor mempunyai kriteria spesifikasi memori yang yang berbeda satu sama lain yang telah ditentukan oleh pembuat processor itu sendiri. Komputer saya mempunyai jenis processor generasi pertama i3 yaitu Intel® Core™ i3-390M. Saat ini i3 mungkin sudah banyak berkeliaran di beberapa komputer-komputer yang di jual, tapi satu hal yang perlu dilihat adalah seri/generasi processor tersebut yang biasanya disertakan dibelakang i3 [angka 390M menunjukkan hal tersebut].  Nah, menurut si pabrikan pembuatnya [*silahkan kunjungi situs http://ark.intel.com/ untuk mengetahui spesifikasi memori dari processor yang ada*], laptop saya mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

Yang terpenting, yang perlu dilihat adalah tiga poin pertama, yaitu tentang maksimal memori yang bisa dibaca, tipe memori yang mendukung processor, serta dukungan channel pada processor kita.

Poin Pertama: Max Memori = 8GB.

Maksud dari poin pertama adalah, pembacaan memory yang ditentukan maksimal adalah 8 GB, nah lalu apa yang terjadi jika kita malah pasang 16GB? Ya tetap saja, yang dibaca juga 8 GB. Jika kita sudah tahu hal ini, maka kita bisa menyesuaikan dengan ketentuan yang ada di notebook kita, sehingga tidak buang-buang duit untuk hanya mendapatkan kecepatan yang “sesuatu”🙂

Poin Kedua: Tipe Memori

Maksud dari poin kedua adalah kecepatan maksimal dari RAM yang ditentukan adalah DDR3 dengan kecepatan 1066 Mhz. Nah terus bagaimana kita tahu kecepatan RAM DDR3 kita kecepatannya berapa? Itu yang harus kita tahu dulu. Dalam pasaran RAM yang sudah di edarkan, kita akan menjumpai beragam tipe RAM DDR3 yaitu PC8500, PC10600, PC12800, PC15000, dll. Masing-masing mempunyai kecepatan sebagai berikut:

PC8500 = 1060 Mhz
PC10600 = 1333 Mhz
PC12800 = 1600 Mhz
PC15000 = 1875 Mhz
PC16000 = 2000 Mhz

Untuk masalah tabel silahkan dilihat pada tabel berikut:

RAM frekuensi

tabel spesifikasi RAM [diambil dari forum kaskus]

Untuk perhitungan diatas, sebenernya diperoleh dari perhitungan sebagai berikut

Untuk masalah angka di belakang PC diatas yang di bold, mempunyai arti bahwa (misal pada RAM PC8500) RAM tersebut bisa mengeksekusi sekitar 8500 MBps (Mega Byte Per Second), oleh karena itu untuk menghitung kecepatan dalam mengeksekusi angka diatas, maka perhitungannya adalah (1 byte=8 bit) 8500 Mbps/8bit/Hz = 1062,5 Mhz (atau biasa disebut dengan 1060 Mhz).

Rumus Praktis: Biar lebih gampang, intinya tinggal dibagi dengan 8 saja angka di belakang PC!! 

Untuk data diatas, dari hasil spesifikasi RAM yang saya punya, artinya paling maksimal RAM yang saya punya hanya mampu menghasilkan kecepatan 1060 Mhz saja, atau paling tepat yang dipasang di laptop saya ya PC8500. Terus bagaimana jika saya pasang PC12800? Kecepatan yang dibaca juga tetap, maksimal yaitu 1060 Mhz saja, artinya RAM yang kita pasang akan mengalami downgrade dari yang seharusnya kecepatan 1600 Mhz menjadi 1060 Mhz saja.

Tetapi, ketika saya cari PC8500 8GB (2x4GB/dual channel) tidak ada di pasaran, maka satu-satunya pilihan yang saya ambil adalah PC10600 8GB (2x4GB/dual channel), karena sengaja saya ingin pakai yang support dual channel [akan dibahas pada poin berikutnya]. Poin kedua ini harus dimengerti baik-baik jika kita ingin berbicara masalah upgrade RAM agar tidak buang-buang uang.🙂 Coba bandingkan saja, untuk harga RAM sebagai berikut [perbandingan menggunakan RAM merk corsair, diambil dari viraindo.comPC10600 8GB (Dual Channel): Rp. 382.000 dibandingkan dengan PC12800 8GB (Dual Channel): Rp. 507.000. Kita akan menghemat sekitar Rp. 125.000. Kok bisa menghemat? Ya jelas, mau beli yang PC diatas PC10600 sampe berjuta-juta rupiahpun, yang dibaca juga hanya kecepatan 1060 Mhz. 🙂

Poin Ketiga: Dukungan Channel Memori

Untuk masalah hal ini, jika tertulis angka 2, maka processor support/bisa membaca RAM Dual Channel, begitu juga jika tertulis angka 3, maka akan bisa support membaca RAM Tripple Channel. Jika lebih jeli lagi, pasti kita akan menjumpai di pasaran RAM yang meskipun besarnya sama, misal 8 GB, tetapi banyak embel-embelnya. Seperti berikut :

tabel perbandingan jenis RAM [data diperoleh dari viraindo.com – pc3- 19 November 2012]

[perhatikan yang di bold kuning!!]. Dari data tersebut, terdapat dua jenis RAM, sama-sama 8 GB, tetapi ada embel-embel dual channel pada RAM terakhir. Satu hal yang membedakan, jika anda membeli kedua RAM tersebut, untuk RAM paling atas [tanpa dual channel] Anda akan mendapat hanya satu keping RAM sebesar 8 GB, tetapi jika Anda membeli yang paling bawah (alias dual channel), maka Anda akan mendapatkan dua keping RAM yang masing-masing mempunyai kapasitas sama, yaitu 4 GB. Lalu jika ditanyakan, lebih cepat yang mana? Logikanya sepertiini.

Kapasitas RAM ibarat kapasitas Jalan Tol [anggap saja data yang ada sebagai mobil], channel ibarat pintu tolnya. Jika kapasitas jalan tol sama, tetapi jalan tol yang satu mempunyai pintu satu, dan satunya lagi mempunyai pintu tol dua buah, pastinya, mobil yang bisa melewati pintu tol tersebut akan lebih cepat selesai pada tol yang mempunyai dua buah dari pada satu kan? Logikanya seperti itu! Oleh karena fenomena ini memang terjadi, maka himbauan untuk pembaca bahwa seandainya ingin memasang 4GB pada komputer, maka akan lebih baik, jika memasang 4GB Dual Channel [dua keping] dari pada 4GB Single Channel [satu keping].

Pertanyaan tambahan 1: Terus bagaimana kalo kita beli RAM tambahan dengan kecepatan yang sama dengan yang sudah kita pasang? Jawabannya: belum tentu bisa memunculkan “dual channel”. Salah satu syarat yang bisa memunculkan dual channel adalah RAM tersebut harus identik, harus sama merk, harus sama kecepatan, harus sama chipset. Terkadang, yang sama merk dan kecepatanpun tidak maksimal memunculkan fasilitas dual channel, apalagi beda merk. Oleh sebab itu, akan lebih baik kita beli satu paket yang sudah diberikan oleh RAM yang ada. Seperti data diatas, misal satu paket 8GB yang langsung dua channel.🙂

Pertanyaan tambahan 2: Bagaimana jika kita memasangkan dua slot memori tetapi yang beda kecepatan? Misal PC8500 dengan PC10600 meski sama kapasitasnya sebesar 4GB? Jawabannya: Kecepatan PC tersebut akan menyesuaikan dengan kecepatan RAM yang lebih kecil. Oleh sebab itu, pastikan jika ingin menambah RAM, harus di teliti dulu RAM yang sudah dipasang, kecuali jika kita ingin mengganti total.

Ingat ya, dual channel sebenarnya bukan RAM yang support dual channel, tetapi processor dan motherboard-nya lah yang dapat menerima/support dual channel.

Pertanyaan tambahan 3: Bagaimana kita tahu jenis RAM yang telah kita pasang? Jawabannya: Silahkan anda memakai tools yang ampuh menurut saya, yaitu HWinfo32. Anda bisa mendownloadnya >> disini << atau jika Anda belum sempat download, Anda bisa melakukan langsung pada menu run windows. Ketik pada run: msinfo32. 🙂

OS/Operating System

Hal yang satu ini penting sekali untuk di perhatikan setelah kita memakan habis dan disimpan di otak beberapa hal diatas. Jika kita telusuri lebih lanjut, instalasi OS pada komputer kita akan berpengaruh terhadap besarnya RAM yang kita pasang. Yang lebih saya soroti di sini adalah tentang masalah 32bit/64bit pada OS yang kita instal. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah, apa sih pengaruh OS terhadap pembacaan RAM yang kita pasang? Mari, saya jelaskan.

Sadar, tidak sadar, ternyata pada kenyataannya, OS yang kita pasang (baik linux atau pun windows) mempunyai limit memory pada masing-masing jenisnya. Disini saya akan banyak menjelaskan tentang windows, karena pengguna komputer saat ini banyak memakai windows sehingga mungkin lebih banyak dibaca apalagi jika dikaitkan dengan perkembangan jenis windows yang lumayan cepat. Tapi jika dikaitkan dengan linux, inti dari 32 dan 64bit tetap sama kok.

Pada dasarnya, perbedaan dari 32 dan 64 ini adalah tentang banyaknya kapasitas register, yaitu tempat menyimpan data yang bisa di tangani CPU dalam satu kali operasi/perhitungan. Saya tidak akan terlalu banyak membahas register dan processor, tetapi intinya bahwa ketika kita memakai 64 bit, ruang penyimpang pada register akan lebih banyak, dan ketika register mempunyai kapasitas lebih banyak, maka pemrosesan juga lebih cepat.

Setelah mengetahui sedikit perbedaan 64 dan 32 bit, kita akan melihat contoh limit memory yang dipunyai oleh masing-masing OS Windows [saya mengambil contoh windows 7], sebagai berikut:

Silakan Anda mengunjungi alamat ini untuk mengetahui limit memory OS Windows lainnya. Bisa lihat data diatas kan bagaimana akan mubadzirnya kita jika kita melakukan upgrade memory/RAM tapi masih memakai 32 bit?🙂

Pertanyaan tambahan 1: Terus, apa kita harus memakai 64 bit dari pada 32 bit? Jawabannya: Itu terserah Anda. Kenyataannya, aplikasi-aplikasi yang ada sekarang, kebanyakan adalah 32 bit, bukan 64 bit. Aplikasi 32 bit, kadang tidak bisa dipakai pada 64 bit, atau kadang aplikasi tersebut berjalan lambat, driverpun demikian, tidak bisa 32 bit di install pada 64 bit. Itu fakta yang Anda harus terima ketika kita ingin menginstall 64 bit.

Selain itu, ketika kita ingin menginstall 64 bit, yang harus kita lihat adalah: processor harus mendukung 64 bit. Kita dapat melihat pada situs [intel] http://ark.intel.com/ untuk melihat apakah processor kita mendukung atau tidak. Jika tidak mendukung 64 bit, maka bersabarlah karena hanya akan bisa menikmati 32bit saja.🙂

support teknologi dari processor yang saya punya

Sebenarnya, pada beberapa versi windows, terdapat satu fitur yang bisa membuat processor yang berjalan pada versi 32 bit, untuk berjalan pada 64 bit, fitur itu disebut dengan PAE (Physical Address Extension). Menurut msdn.windows.comPhysical Address Extension (PAE) is a processor feature that enables x86 processors to access more than 4 GB of physical memory on capable versions of Windows. Tetapi hal ini, terbatas pada sistem yang didukungnya, seperti

Windows 7 (32 bit only)
Windows Server 2008 (32-bit only)
Windows Vista (32-bit only)
Windows Server 2003 (32-bit only)
Windows XP (32-bit only)

Silahkan Anda langsung ke alamat msdn.windows untuk lebih lanjut melihat PAE itu sendiri atau, Anda juga bisa mengakali sedikit dari patch yang pernah dicoba disini.🙂

Pertanyaan tambahan 2: Berdasarkan tabel diatas, berarti bisa saja mengupgrade RAM hingga 192 GB? Jawabannya: Tidak. Dikembalikan pada tabel pertama artikel ini, yaitu support processor dalam membaca memori.🙂

Budget

Terakhir, setelah sebanyak itu mengulas hal-hal yang harus diperhatikan, yang terpenting dan yang paling utama itu jangan lupa perhatikan budget Anda dalam membeli RAM, dan pertimbangan hal-hal diatas. Semoga gak malah tambah stress ya setelah membaca artikel ini.🙂

Kesimpulan: Perhatikan Support Processor, Support Chipset Motherboard, Support OS, dan Support Duit.🙂

Semoga bermanfaat. [shortlink: http://wp.me/pYt5N-HY%5D

Bandung, 23 November 2012

484 thoughts on “Upgrade RAM Notebook

  1. deny says:

    Mas mau tanya, mungkin beda dikit.
    saya tanyakan tentang ganti ram, ram bawaan leptop saya samsung DDR3 PC3-8500S & mau ganti pakai merek samsung DDR3 PC3-12800 apa gak masalah, atau gmn kira2 apa akan ngerusak mobo atau gmn?

  2. babe says:

    mas saya mau nanya saya baru upgrade ramya dimana ddr3 2gb ke ddr3 4gb .. masalahnya di laptop saya gak ke baca tpi i cpu-z terbaca 4gb kira” masalahnya dmana mas?

  3. Taufik says:

    mas saya mau nanya, komputer saya motherboardnya ECS G41T-M12, ram 1GB DDR3 1066. saya mau upgrade ram ke 4GB DDR3 1600, apa bisa..??

  4. uya says:

    Mas, kalo latpop saya punya ram 4GB, pc3-12800 (800mhz) ddr3, nvidia gt-630m 2gb (asus) apakah bisa ganti ram menjadi 8gb? terima kasih mas🙂

  5. diki says:

    Kang. Mau nanya ni permasalahan di laptop asus x450cc intel i3-3217U 1.80ghz ram 2 Gb. jadi saya udah cek di intel support mention yang akang berikan di atas, procci laptop saya bisa max size ram 32 gb (one channel). Jadi saya ada beli ram 8 gb dan saya gantikan ke ram sebelumnya cuman 2gb. Oya type ram yang saya beli corsair 8 gb ddr3 pc 12500 sama type dengan ram 2 gb sebelumnya. Setelah saya ganti ramnya, laptop saya setiap di restart malah mati dan gak nyala balik kang. Kenapa ya kang? Padahal udah di coba instal ulang os windows 64bit.

    • Ade says:

      Permisi pak, saya mau bertanya. Laptop hp 430 saya ingin saya upgrade ramnya dari semula 2gb ke 4gb.. trus saya sempat baca” dibeberapa forum, disitu banyak yang bilang kalo laptop hp 430 walaupun diupgrade ramnya menjadi 4gb, tidak akan banyak berpengaruh terhadap performa laptop. Mohon penerangannya pak, apakah memang tidak semua laptop yang di upgrade ramnya bisa mempengaruhi kecepatan performa laptop kita? Terimakasih sebelumnya.

      • Triyoga AP says:

        Pak Ade.

        Saya masih kurang tau penjelasan lebih lanjut dari pembahasan di forum tsb. Tetapi, pada dasarnya memang tidak begitu terasa jika upgrade dari 2 ke 4. Kecuali akan dual channel dan diset 64 bit OS nya.

  6. theo says:

    mas ak mau tanya nih…
    laptop gue Samsung NP355V4X-A01ID terus spek memori bawaanya itu 2GB DDR3 System Memory at 1.600MHz (2GB x 1) 2 Slots single channel dengan max bandwidth pc3-8500F (533 MHz)…..masalahnya itu cara upgrade ramnya gimana…. apa bisa upgrade jadi 6 gb ram tapi yang speknya pc3-8500F atau nambah satu lagi aja ya….o iya satu lagi mas…kan bawaanya laptop itu singgle channel bisa nggak aku pake ram yang 4 gb tapi yang dual channel…
    thx gan

    • Triyoga AP says:

      kalo mau upgrade;
      -bisa tambahin aja yang 4GB dengan spek sama.
      -kalo dual channel itu pasti satu bungkus isinya 2 keping. semua laptop bisa dual channel. Asal slot ramnya 2.

  7. Rafli Jason'z says:

    mas,pertanyaan pertama
    1.laptop saya Asus x450cc spek ramnya prosesornya Intel Core i3-3217U Processor (1.80GHz, Cache 3MB) dan itu cocok gak sama 64 bit??
    2.Ram saya itu 2GB DDR3 PC3 12800 kira kira yang cocok upgrade buat ram 8 gb itu ram apa ya mas??
    3.VGA saya itu 2GB nvidia geforce 720m 2gb itu gak kedetek mas, yang kedetek intel hd graphic bawaan prosesor kira kira kenapa ya??

    • Triyoga AP says:

      1. Bisa. silahkan cek di ark.intel
      2. Semua merk cocok. Tapi lebih mahal lebih baik. Biasanya harga gak bohong.
      3. Coba cek di google ya. Tapi biasanya drivernya belum keinstal.🙂

      • Rafli Jason'z says:

        saya mau nanya lagi saya cek diweb ark.intel
        saya mau nanya lagi
        1.semua merk vga itu compitable gk sama motherboard laptop saya??
        2.Kalo misalnya saya upgrade laptop saya dari 2gb jadi 8gb itu bakal kebaca gk dilaptop saya kalo ramnya jadi 8gb??kayak didxdiag
        3.terus kan x450cc itu slot ramnya 1. jadi kalo misalnya dual line itu bisa dipasang??
        4.kan x450cc slot ramnya 1? kalo kata temen saya mau diganti berapapun ramnya tetep bagusan ram bawaan. bener gk tuh mas??

        yang saya bingungin slot ram dikaskus bilangnya 1 tapi disini banyak yang bilang 2 slot ram jadi bingung nihh

  8. Sakti Nuriswan says:

    Mas mau nanya nih, laptop saya asus x450c 2gb mau nambah ram,kira” ramnya berapa giga dan apa spesifikasi ram yang cocok?

    Makasih

  9. Peppy says:

    Mas mau nanya, notebook E11 E3-111
    Proceasor celeron n2830 2.41Ghz
    Ram DDR3L 2gb pc10600, mau upgrade ke 4gb tapi pc12800 bisa ga mas? Soalnya nyari yg DDR3L udah jarang

  10. Peppy says:

    mas, notebook saya acer aspire e11 e3-111-c9lg
    processor celeron n2830 2.41ghz
    ram 2gb DDR3L mau upgrade ke 4gb.
    klu pake ram SODIMM DDR3L CORSAIR 4GB PC12800 – CMSO4GX3M1C1600C11 atau SODIMM TEAM ELITE PC12800 DDR3L 4GB (TED3L4GM1600C11-S01) cocok ga sama notebooknya?

  11. Mario Wisesa Putra says:

    Mas numpang tanya, saya punya laptop acer aspire V5-471G ini spesifikasinya :

    Processor : Intel® Core™ i5-3317U 1.7 GHz ( turbo boost hingga 2.60 GHz, 3 MB)
    Grafis : NVIDIA® GeForce® GT 620M with 1 GB
    RAM : 2GB DDR3 SODIMM PC 12800 (laptop saya slot memorynya ada 2, dan dapat di upgrade sampai 8GB)

    Rencana saya akan upgrade ram saya, dengan mengisi slot satunya dengan kapasitas 4GB DDR3 SODIMM PC 12800 merknya V-Gen (tapi speknya sama).

    Pertanyaan : 1. Apakah nanti setelah di pasang laptop akan stabil atau tidak?
    2. Atau lebih baik saya beli ram 2gb untuk mengisi sloat satunya?

    Terimakasih mas🙂

    • Triyoga AP says:

      1. Stabil mas, asalkan sama speknya ya.
      2. Gak papa kalo misal mau pasang 4GB. Kalo upgrade 2>4 gak begitu kerasa mas.
      3. Kalo bisa beli ram upgradenya yang agak mahalan dikit mas. Jangan merk itu.🙂

  12. Adi Putra says:

    kang kalau speksifikasi pc saya seperti ini :
    Prosesor : Core 2 Duo E4600 2.4 Ghz (2CPUs) / ( 3.2 bit ) Intel Win XP
    RAM : 2GB DDR2 all Vsipro ( terpakai 2 slot tapi, saya lihat di F2 restart slotnya 1: A & B slot 2: A & B ??)
    VGA : NVIDIA GeForce 7300 LE ( 512 mb)
    DirertX : 9.0c

    dari 3.2 bit ke 6.4 bit bisa tidak ??
    RAM berapa Maksimalnya menurut speksifikasi pc di atas kang ??

    (soalnya pc ingin khusus game online rekomendasi ram 2gb) ,. mohon balasannya kang, dari tadi saya nyari forum saran ngga ada yg balas,. mudah mudahan akang memberikan saran,.

    please sarannya. . .

  13. rifaniari says:

    gan ane mau nanya type prosesor laptop ane i5-480M nah suport memory 800/1066 sama kyk laptop agan, saya kemarin beli memory yg 1333 apakah itu suport d laptop saya, soalnya abis saya pasang laptop saya malah bluescreen gan, trimakasih, mohon balasan ny

      • rifaniari says:

        iya, berarti bluescreen ini gara2 saya salah beli memory ya, yang harusnya 1066mhz, tapi malah beli yang 1333mhz, atau jangan2 memory yang saya beli ini rusak, hehe.. tapi dari artikel agan kan ram yg suport 800/1066 bisa suport yg 1333 cuman kecepatannya gak bisa lebih mentok di 1066, mohon saran nya gan.. terimakasih😀

  14. agust srihartatade says:

    Haloo mas slmt pagi, sy agust org jadul ..perangkatnyapun jadul juga….sy punya netbook nb500 sdh lumayan lemot kt teman bs di upgrade jd 2 gb, sy mau tanya bs gk ya upgrade spt itu, ..kl berkenan blh dong ks info yg jelas, sblmnya maturnuwun n terimakasih…

  15. Woro Bawono says:

    Om, eke punya laptop asus x450JN, support dual channel

    RAM nya yg sekarang Samsung M471B5173QH0-YK0 4GB
    (PC3L-12800 1600Mhz DDR3L SDRAM SO-DIMM 204-pin)
    (http://www.memorybenchmark.net/ram.php?ram=Samsung+M471B5173QH0-YK0+4GB&id=4461)

    Karena ini slot kedua masi kosong, nah eke mau tambahin lagi 4GB aja, bagusnya kan pake yg sama percis atau identik kan ya, tapi kalo ane mau pake yg beda merk, misal Corsair gitu bisa ga sih? Dengan catatan spec memory nya sama (DDR3 1600 Mhz, 4GB).

  16. Andre Wahyu says:

    mas mau tanya, laptop saya acer aspire 4752G dengan prosesornya intel core i5 vga nya geforce 610m , kira kira saya up ram nya sampe 8 gb itu bisa ndak gan ? takut nya nanti tidak optimal , terimakasih

  17. CORNELIUS IVAN WANG says:

    permisi kak ane punya laptop asus x450c
    dengan spek begini

    Status Launched
    Launch Date Q2’12
    Processor Number i3-3217U
    Intel® Smart Cache 3 MB
    DMI 5 GT/s
    Instruction Set 64-bit

    Performance
    # of Cores 2
    # of Threads 4
    Processor Base Frequency 1.8 GHz
    TDP 17 W

    Memory Specifications
    Max Memory Size (dependent on memory type) 32 GB
    Memory Types DDR3/L/-RS 1333/1600
    Max # of Memory Channels 2
    Max Memory Bandwidth 25.6 GB/s
    ECC Memory Supported NO

    berarti laptop saya bisa di upgrade ram hingga 32GB

    tapi yang saya bingungkan itu ada tulisan

    Memory Types DDR3/L/-RS 1333/1600

    nah maksud dari huruf L itu apa ya .. dan bagaimana

    untk ganti ram ke 16gb crossair , dan kalo mau ganti ram . itu pakai ram PC atau khusus untuk laptop

    mohon pencerahannya gan , maklum masih newbie, thanks gan

    • Triyoga AP says:

      1. RAM laptop dengan PC/komputer itu beda. Kalo laptop biasanya ada kata SODIMM.
      2. Kalo ada L, berarti Low. Alias RAM yang biasa digunakan di laptop tipis. L itu beda dengan RAM biasa. Dia bisa lebih irit pemakaian baterai.
      3. Untuk merk sudah bagus kok.

  18. HERMAN says:

    MAS SAYA MAU TANYA LAPTOP SYA ASUS X550D CPU AMD A10-5750M 2,5GHz, memory 4GB. SAYA MAU TAMBAH RAM 4GB BAIKNYA PAKAI APA YAH RAMNYA. PENAMBAHAN RAM DIKARENAKAN SAYA INSTAL GAME MASIH NGELEG. TRIMS

  19. AKM says:

    mas, saya mau tanya nih,
    Laptop saya Core 2 Duo processor T6600, nah saya cari info memory spec. ga ada
    Saya pengen nambah ram ddr3 pc-8500F 533 MHz, nah saya biar tau brp maksimum ram utk processor tsb dmn yah?saya cari di intel nya ga nemu.
    Terus, kalau misal pakai yg seri lebih tinggi (misal pc-10600) ada pengaruhnya/compatible ga yah mas?

    Terima Kasih atas tanggapannya

  20. Ahmad Ramadhan says:

    mas bro mau nanya nih, laptop ane asus A451L core i5-4200u ram 4GB DDR3L 1600, mau upgrade enaknya rekomendasi merk apa ? soalnya gaktau merk ram bawaan.
    rencana mau beli merk corsair / team ? kira2 cocok gak ?

  21. Thimothy Junilistian says:

    Selamat siang, Mantep deh artikelnya..
    Saya mau nanya gan.. Kan saya mau nambah RAM nih..,,

    RAM saya skrg : RAM 4GB, DDR3, 1600Mhz, PC12800, SODIMM

    Processor saya : Intel(R)Core(TM) i5-4200U (4th generation) MAX MEMORY bisa sampe 16GB,
    sumber dari yg mas kasi : http://ark.intel.com/products/75459/Intel-Core-i5-4200U-Processor-3M-Cache-up-to-2_60-GHz

    Pertanyaan:
    1. Apakah saya bisa menambahkan RAM Dual Channel yg 8GB (4GB x dua keping) ke PCsaya??, jadi di PC saya nantinya ada 3 keping RAM (sama bawaan PC lagi satu). Jadi total RAM saya 12GB. Bisa gak ya??

    2. Kalo cara no 1 diatas gak bisa, bagaimana bagusnya? a.) saya copot RAM bawaan trus saya ganti baru pake RAM DC 8GB (4GB x 2keping), ATAU b.) saya tinggal tambah RAM 4GB (1keping) yg jenisnya sama seperti RAM bawaan PC saya?

    Mohon pencerahan pada newbie😀, saya sih pengen nya RAM jadi 8GB, tapi kalo bisa jadi 12GB (pertanyaan1) biar saya sekalian beli yg Dual Channel. hehehe
    DItunggu pencerahannya gan..
    Thaanksssss….

    • Triyoga AP says:

      1. Kalo PC biasanya bisa. Soalnya slot kebanyakan ada 4 slot. Tergantung motherboardnya. Kalo misal laptop gak bisa, soalnya kebanyakan 2 slot.
      2. Lebih baik beli aja yang DC mas. Itupun kalo budget ada. Kalo misal gak ada, baru deh tambahin pake 4 GB.

  22. Ryan Rezkyandi Saputra says:

    Permisi, sya mau tnya, kalau misalnya kita beli 2x2gb, kan memenuhi 2 slot, tapi klau nanti kedepan nya sya mau nambah lagi, apakah kedua nya harus d ganti ? mohon pencerahan nya😀

      • Ryan Rezkyandi Saputra says:

        jdi dual channel mksd nya saling berhubungan ya ? klau tdk d pakai salah satu nya, lalu d ganti dengan single, apakah yg dual tdi kaga terbaca ? maaf bnyak tnya, soal nya sya mau upgrade ram, tpi bingung nanti beli yg dual, kedepan nya mau nambah lgi, kan sayang terbuang yg dua2 nya :’D

      • Ardy says:

        Ram laptop saya kan pakek hyundai electronic pc3-10700 (667 mhz) dicek pake speecy. Misalnya namabh ram lagi 4gb yang pc nya sama tapi beda merk seperti vgen dan corsair bisa nggak ?

  23. burton says:

    gan mau tanya laptop saya asus tipe x450ca intel ivy bridge dual-core ul 1,58hz ram 2gb. saya ada niatan upgrade ram jadi 4gb. Kalau saya beli merk corsair cocoknya yg tipe apa ya? maaf maklum saya masih kurang paham untuk tipe-tipe nya. terimakasih.

  24. M.irfan says:

    Gan..
    nice artikel (y)

    oia gan mw nanya niiih
    kbtln ane pny laptop processor AMD A6 4400m , dgn ram bwaan 2 gb pc12800 (800 mhz) .

    sedangkan ane ad rencana mw upgrade Ram 8 Gb PC16000 (1000 mhz) merek apacer

    mnrt agan itu cocok gk ?? atau berlebihan n ntar ny malah downgrade

    Mohon ilmuny gan🙂

  25. ryan says:

    Mas, laptop nyala tapi black screen setelah nyoba double ram, awalnya bisa tapi setelah dipakai sehari besoknya laptopnya dinyalain black screen terus, udah diganti jadi single lagi tetep black screen tp nyala. gimana solusinya? terima kasih

  26. Amran says:

    Gan… saya mau upgrade memori laptop toshiba l505 dri 4gb(2+2gb pc 10600 DDR3) ke 8GB (Vgen PC12800 DDR3L) tpi ng bisa detek ram 8gb, black screen aja jadinya. tpi sya coba pindahin ke lptop lain yg ddr3 pc10600 bisa. kenapa gan ya ?? mau ng mau harus upgrade memori karna aplikasi yg running sdh full pemakaian memori, jdi sering lambat aplikasinya..
    solusinya gan ?? sudah terlanjur beli mahal memorinya lagi

  27. Mukhlis Amin says:

    mau nanya, kalau PC yang dibaawahnya tidak terdapat pintu buka untuk RAM, apakah harus buka cassing bawahnya secara keseluruhan ?

  28. Kevin says:

    mas mau nanya dong laptop saya intel(R) Core(TM( i3-4030U CPU @ 1.90Ghz (4C CPUs) on board Memory nya 2048MB ram..saya mau beli ram 8gb (2×4) merek Crosair disitu ada tulisan Compitable sama i5/i7 1.5 volt complitable gen 2nd dan 3rd intel core…nah laptop saya kan gen 4 dan intel i3 tuh kira2 kalo saya paksain pasang bisa gak ya? atau punya saran ram untuk saya thx🙂

  29. surya says:

    mas mau tanya nih,,laptop ane toshiba satelite pro c640 corei3 dan ram bawaan 2gb,,pertanyaannya,berapakah batas max untuk upgrade ram dan tipe ram apa yang harus ditambahkan,,terima kasih

  30. Tino Baprico says:

    Mas numpang tanya mas,klu saya masang ram sama” visipro ddr2 yang pertama 1gb(6400)333mhz ram kedua ddr2 2gb(5300) 400mhz jadi klu dipasang kan menyesuaikan kecepatan ram yang paling rendah…tapi pas dipasang kenapa laptop saya kadang” tegang ya?kira” apa penyebabnya..apa ada yang harus saya setting dibios?

    • Triyoga Adi perdana says:

      Tegang itu gimana mas? Hehe. .
      Kalo misal beda kecepatan emang kadang ada ada aja masalahnya. Saran saya ya satu, samakan aja kecepatan keduanya. Mau yang rendah ya rendah sekalian begitu sebaliknya.

  31. Ardito Bagus Guritno says:

    mohon tanya mas ,
    spesifikasi laptop toshiba saya intel i3 m330@ 2.13GHz, dengan software HWINFO didapat spesifikasi memori sbg berikt Samsung 533.3 MHz (DDR3-1066/PC3-8500).
    untuk upgrade dual channel sebaiknya yang saya cari apa ya mas ? memori dengan spek yang sama dengan yang saya pakai atau gimana terimakasih

  32. farrel says:

    Kalo buat proc. Core2duo t 9400. Max ram berapa ya gan. Soalnya ke ark intel gak nemu gue. Rencana mau upgrade ddr3 4gb. sekarang pake 2gb.

  33. (@AriefDwiRy) says:

    mas mau tanya sebelum upgrade RAM😀
    laptop saya acer aspire v3-471, saya gugling katanya ada 2 slot ram tapi RAM bawaan dari acer v3-471 saya itu DDR3 2gb PC 10600 single channel dan merk nya “nanya” *kalo gak salah *CMIIW😀, terus katanya support yang DDR3 PC 12800, saya mau upgrade ke 4gb atau 8gb an lah (liat budget dulu hehe)
    jadi pertanyaan nya :

    1. kalo mau upgrade, mending ganti sekalian pake RAM yang dual channel PC 12800 terus RAM bawaan nya saya jual :D(2x2gb / 2x4gb) atau beli lagi yang single channel dengan merk sama dan PC xxxx yang sama (merk “nanya” PC 10600 -> 1x2gb + 1x2gb)
    2. RAM bawaan acer merk “nanya” susah banget nyarinya, kalo misalkan ganti RAM tapi merk nya bukan “nanya” misalkan corsair, apacer dll. PC 12800 yang single channel ataupun dual channel, apa gak ngaruh ke laptop nya atau gak apa apa asalkan sama merk nya ?

    sorry newbie😀 mohon pencerahannya, sebelumnya terimakasih🙂

  34. Ini Aldy says:

    gan pengen nanya nih :3 laptop ane acer aspire 450m arrandale, maks ram 8gb, ram di laptop ane samsung ddr3 pc8500 2gb, ane mau upgrade jadi 4gb pc12800 gan, apa bisa gan pc8500 ke pc12800 ?? apa yg terjadi gan apakah sering bluescreen ??? trims

    • Triyoga Adi perdana says:

      Bisa aja, tapi nanti downgrade jadinya (penjelasan ada di artikel ini). Sayang juga uangnya. Nah karena downgrade biasanya macem-macem masalah kalo pas di pake, salah satunya bisa Blue Screen.

      Kalo mau upgrade jangan 2 ke 4. Tapi kalo bisa 2 ke 8. Kalo 2 ke 4 gak begitu ngaruh banyak.

      Semoga membantu.🙂

  35. Billie Desperate says:

    mas sy punya spek DDR3 2GB 2slot, 1 slot kosong. saya liat di aplikasi Speccy, di kolom memory DRAM frequency sebesar 665.3 MHz, sedangkan sy liat di SPD Modules, Max Bandwidth PC3-12800 (800 MHz).. itu gimana maksudnya mas? apa berarti saya harus upgrade memori sy ke 800 MHz? atau ada kejelasan lain? terima kasiiih

    • Triyoga Adi perdana says:

      Mungkin RAM yang terpasang emang dibawah pc-12800 mas, jadi kebacanya segitu. Kalo emang pengen cepet saya sarankan pasang aja yang maksimal. Plus tambahin aja sekalian biar dua slot. Biar ngebut.

      Semoga membantu.

  36. nig_riris says:

    pagi mas,

    klo notebooknya pake amd apa bisa di cek pake web yng disarankan ?? karena pengen nambah ram ..
    total ram 2gb (usable ram 1.6gb) jadi ada 1 program yg bisa jalan, tapi gak komplit komponennya.

    thx.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Saya agak kurang paham apakah ada ark-intel tapi yang buat amd. Tapi coba liat di tomshardware mengenai procie tsb.

      Atau saran kedua, copot ram di notebook. Liat jenis sama tipenya apa, terus beli lagi yang sama kayak speknya.

  37. Alip says:

    Mas mau nanya….
    Laptopku lenovo b490 spek ya prosesor core i3 2,4ghz, ddr3 2gb. 2slot ,misalkan
    1. saya mau nambahin ram jadi 8 gb, klo saya belinya 1 1 tapi merk yg sama apakah bisa jalan?
    2. Trs mau nanya lgi mas klo misalkan procesornya jga di ganti apakah bisa yah mas?
    Di tunggu yah mas pencerahannya…

  38. neutronboyszone says:

    Maaf gan,…
    Numpang tanya nih gan soal RAM Laptop ane ASUS A43SD VX630 Core i5 2450M 64bit
    Rencana mw up RAM , Tp bingun mw up ke 8 gb (2x4GB) or 16 gb (2x8GB)! Menurut agan-agan sekalian mana yang lebih baik n cepat! Buat kerja editor terutama software Adobe Family!
    Di situs intel, core i5 2450M bisa smp 16 gb max DDR3 nya! Tp di situs asus bs up to 8 gb! Ane jadi bingung nih mw up 8 gb or 16 gb?

    Mohon Bantuannya Gan, makasih banyak bantuannya,..

  39. adiputradecoration says:

    Reblogged this on Adiputra Decoration and commented:
    mohon petunjuk ma, terima kasih sebelmnya ,
    saya baru beli HP Notebook PC 1000-1B09AU, dipake editing photo. sering merasa lemot pas buka photo dengan ukuran pixel besar, jadi INGIN rasanya menambah speed (mengupgrade) biar tambah cepet .
    Tipe RAM apa yang bagus untuk saya pilih..???
    terimakasih..
    saya suka blognya..

    • Triyoga Adi perdana says:

      Kalo editting foto laptopnya masih kurang support mas. VGAnya masih integrated.
      Kalo masalah RAM diupgrade kayaknya masih kurang maksimal soalnya pengolah grafisnya yang masih kurang mendukung.

      Baik, terima kasih.
      Share ya.

      *mohon maaf late respon:mrgreen:

  40. Ch4ndra89 says:

    Maaf gan,…
    Numpang tanya nih gan soal RAM Laptop ASUS A43SD VX630 Core i5 2450M 64 bit
    Rencana mw up RAM , Tp bingun mw up ke 8 gb (2x4GB) or 16 gb (2x8GB)! Menurut agan-agan sekalian mana yang lebih baik n cepat buat Kerja Editor di kantor! Terutama Adobe Family!
    Di situs intel, core i5 2450M lepi ane bisa smp 16 gb max RAM DDR3 nya! Tp di situs asus lepi ane up to 8 gb! Ane jadi bingung nih mw up 8 gb or 16 gb?

    Mohon Bantuannya Gan

  41. Andika Bramantha says:

    Permisi mau numpang ask nih…
    Ana ‘kan rencananya mau upgrade RAM nih. Laptop ana ASUS X450CC yang katanya RAMnya udah disolder satu sama ada slot kosong satu. Nah rencananya ‘kan mau beli RAM V-Gen PC12800 8 GB , apa ntar kalau udah diinstall RAMnya tu ga compatible sama RAM bawaan? Takutnya ntar BSOD. :3

  42. Rian F says:

    Mantap gan berkat info dari agan saya jadi tahu max memory processor saya.
    Soal nya saya sempat ragu2 ketika akan menambah ram dari 4gb ke 8gb…
    ternyata max sampai 16GB,,,Thank’s bgt gan

  43. Ijalrijal XoecLoex says:

    maaf mas mau tanya,
    kalau cek laptop kita ada slot memory nya gimana??soal nya punya saya prosessor nya AMD, nyari yg di link agan kan buat intel.
    oia sama saya blm nemu cek versi ram saya dimana
    trims sebelum nya

  44. egn says:

    Mas saya mau tanya
    Laptop Asus A46C
    Ram ddr 3 1600 2gb
    *kalau mau nambah ram apa harus sama seperti bawaan laptopnya mas ?merk,kapasitas dll.(misal dual chanel)
    *kalau misal slot nya 1 aja otomatis ganti ram bawaan laptop dengan ram kapasitas yg lebih besar.(benar atau tidak mas)

  45. evaldo says:

    oet chipset motherboard itu maksudnya apa ya mas ?
    Saya pake laptop hp 14-r017TX
    Laptop saya ram bawaan DDR3L-1333/1600 2 gb
    Saya mau tambah lagi 2 gb karena ada 1 slot tambahan brarti harus ambil PC12800 kan
    Nah tapi saya bingung harus ambil merk apa chipset yang gimana biar bisa serasa jalan dua channel walau saya beli ram yang single channel nanti
    Bingung maksud identik mas

  46. febrina candra says:

    Mas , laptop ku nih kan processornya msh dual core T4400 2,2 ghz. ram cuma 1 gb.. Sekarang aku butuh laptop buat ngedit video , softwarenya Adobe Premiere. Kalo aku tambah ram jd 4gb udah kuat buat adobe apa blm ya mas ? Terima kasih🙂

  47. adi suryadi says:

    gan mau nanya, laptop asus ane pake RAM 2GB DDR3L, terus ane rencana upgrade pke RAM 2GB DDR3(biasa)…kira-kira bisa gg tuh gan..?

  48. willy says:

    Mas mau nanya sy msh blm ngrti ni sy niat mau upgrde ram tp g tau hrus yg sperti gmn br blajar soalny..laptop sya asus a43sj ram bwaan 2gb n niat mau di naik kan jd 4 or 8 itu kira2 merk n tupe apa yg hrus sy beli..tngkyu b4

    • Triyoga Adi perdana says:

      Kalo misal mau upgrade samakan saja dengan yang sudah di pasang.
      Tapi kalo misal gak di upgrade alias ganti baru, pilih aja spek yang sama dengan yang udah kepasang, ambil dual channel, terus pilih yang paling mahal harga RAMnya.🙂

      *mohon maaf late respon:mrgreen:

  49. Muhammad Riza says:

    gan laptop ane toshiba c600 ram aslinya pC 10600 DDR3-1066 1gb. udah beli upgarded ram vgen pc 10600 DDR3-1333mhz di bh*nn*ka.com. setelah dicoba gamau booting, itu krna apa yak ? ga cocokah atau ada hal lain ?

  50. Wendy Defryanto says:

    Permisi mas, saya baru beli laptop asus a450c intel core i3 3217u 1.8ghz , ram bawaan 2GB DDR3 , rencananya saya mau nambah ram 4gb jadi total 6GB , nah apakah bisa ditambah ramnya langsung timpa 4gb? lalu bisakah dua chanel?

  51. Taufik Heedayat says:

    Lengkap nih artikelnya en mudah dimengerti buwat newbie yang mw upgrade ram.
    padahal ente nulisnya 2012 ane bcanye 2015 (still up to date infonya, capcus dah), keknya ente punya bakat jadi tutor tuh gan, good explanation. but I have 1 questions, DO U know similar site like ark intel.com for AMD (BTW I am AMD User Maz Brow)?
    Thanks ^-^

  52. nurudin says:

    dengan spek:
    system Information
    ——————

    Machine name: WINDOWS-B0F8A29
    Operating System: Windows XP Professional (5.1, Build 2600) Service Pack 3 (2600.xpsp.080413-2111)
    Language: English (Regional Setting: English)
    System Manufacturer: Hewlett-Packard
    System Model: HP Compaq dc7600 Small Form Factor
    BIOS: Default System BIOS
    Processor: Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 3.00GHz (2 CPUs)
    Memory: 1528MB RAM
    Page File: 1032MB used, 2390MB available
    Windows Dir: C:\WINDOWS
    DirectX Version: DirectX 9.0c (4.09.0000.0904)
    DX Setup Parameters: Not found
    DxDiag Version: 5.03.2600.5512 32bit Unicode

    —————————————…
    —————————————…
    Card name: Intel(R) 82945G Express Chipset Family
    Manufacturer: Intel Corporation
    Chip type: Intel(R) 82945G Express Chipset Family
    DAC type: Internal
    Device Key: Enum\PCI\VEN_8086&DEV_2772&SUBSYS_301110…
    Display Memory: 128.0 MB
    Current Mode: 1280 x 1024 (32 bit) (60Hz)
    Monitor: Plug and Play Monitor
    Monitor Max Res: 1600,1200
    Driver Name: igxprd32.dll
    Driver Version: 6.14.0010.4764 (English)
    DDI Version: 9 (or higher)
    Driver Attributes: Final Retail
    Driver Date/Size: 1/13/2007 11:33:00, 57344 bytes
    WHQL Logo’d: Yes
    WHQL Date Stamp: n/a
    VDD: n/a
    Mini VDD: igxpmp32.sys
    Mini VDD Date: 1/13/2007 11:33:18, 5672032 bytes
    Device Identifier: {D7B78E66-6432-11CF-1061-1B10A3C2CB35}
    Vendor ID: 0x8086
    Device ID: 0x2772
    SubSys ID: 0x3011103C
    Revision ID: 0x0002
    Revision ID: 0x0002
    Video Accel:
    Deinterlace Caps: n/a
    Registry: OK
    DDraw Status: Enabled
    D3D Status: Enabled
    AGP Status: Not Available
    DDraw Test Result: Not run
    D3D7 Test Result: Not run
    D3D8 Test Result: Not run
    D3D9 Test Result: Not run

    apa yang mesti saya siapkan gan kalo pengen
    RAM = 4gb
    VGA = 1gb
    processor =core i3

    mohon bantuannya gan. maaf ane masih newbe..

  53. johan says:

    Mas mau tanya ni, lepi saya toshiba satellite c640.. Kira2 sanggup ganti RAM brp ya? Bagusnya dganti yg brp? Mohon pencerahannya.

  54. Rubhy Novianto says:

    mas mohon info ni, sy pake toshiba m200, Intel(R) core(TM) 2 duo CPU T5250 @ 1.50Ghz, memory DDR2
    1024Mbytes single channel. Bisa ga di upgrade pakai DDR3 4gb? atau rekomennya gmn? trus utk graphics bisa diupgrade ga ya? yg skr 256Mbytes. makasih banyak…

  55. Putra says:

    Permisi mas, saya mau tanya nih,
    Saya baru beli laptop ASUS S451LN dengan RAM On-board 4 GB (Soldered) + 1 DIMM Socket (kosong)
    Saya coba cek pakai CPU-Z detectnya ternyata DDR3, apakah klo saya tambahkan dengan DDR3L bisa detect mas ?
    Processor saya Intel Core i5 4200U, saya lihat sudah support DDR3L dan coba lihat di beberapa website luar tntang upgrade memory produk ini bisa diupgrade pake DDR3L, tapi saya masih ragu hehe

  56. om jack says:

    Mas, mau tanya. Saya barusan beli Asus x453m, proc n2840, ram 2gb, os win 7 64 bit (versi rakyat).

    Trus pas mau upgrade ram ke 4gb (baca:ganti ram,soale slotnya cuma 1..hiks..) ane ketemu masalah windowsnya gak baca. Hitam gelap aja gitu.. ram yg dicobakan utk dipasang adalah apacer ddr3l pc12800 1600mhz 4 gb.

    Saya udh visit ark.intel katanya n2840 competible upgrade ke 8 gb dgn ram ddr3l.

    Trus saya juga liat di asus.com os yg competible utk asus x series adalah win 8 64 bit.

    Yg ingin saya tanyakan:
    Apakah kegagalan upgrade ram itu disebabkan os saya win 7, bukan win 8 sesuai saran asus? Atau mungkin mas punya terawangan lain..

    Makasih mas.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Dear Mas Yudha,
      Kalo saya liat kembali emang si baytrail itu sudah support di DDRL. Tapi kalo saya lihat harusnya untuk RAM PC10600 saja cukup, tidak usah yang PC12800. Seharusnya sih meskipun cuma downgrade saja gak pengaruh ke OS, tapi patut dijadikan poin masalah karena ram gak sesuai dengan spesifikasi. Yang kedua, OS permintaan ASUS itu udah main di W8, saran saya ikuti saja mas, soalnya terkadang ada beberapa yang gak support (kayak driver) kalo misalnya gak sejalan sama asus. Kalo saran saya, dua poin itu yang coba dibetulkan dulu mas, baru poin berikutnya “merk ram”.🙂

      Semoga membantu.

      • om jack says:

        Makasih banyak mas Yoga, jawabannya sangat seperti yg saya harapkan, bahkan lebih baik dari jawaban support asus dan service centre asus di kota saya.

        Masalah merk ram, “price never lies”🙂

        CRUCIAL CT4G3S1339M DDR3L 4 GB PC 10600 / 1333 Mhz

  57. Galang says:

    Bro, saya nanya dong.
    Jadi saya pengen menambahkan ram baru (beli loh). Nah ram saya yang udah ada itu “Hyundai PC3-8500 DDR3 2GB”
    Pertanyaan nya, kalau saya beli ram yang sama “Hyundai PC3-8500 DDR3 2GB “,
    Apakah bisa jadi DUAL CHANNEL ?
    dan misalkan saya ga bisa dapet yang merk nya sama.
    contoh Corsair, tapi tetep PC3-8500 DDR3 2GB. Apakah work ?
    nah, di gambar ke 4, windows 7 ultimate kan limit max 32bit nya kan 4 gb.
    sedangkan saya sudah punya 2gb, dan saya beli 4gb lagi. Apa bisa jadi 6gb ?
    Tolong bales ya bro, saya pengen cepet cepet beli soalnya.
    sekalian jalan jalan ke http://pileknih.blogspot.com/

  58. aktoina says:

    kulonuwon mas ganteng …
    Mau nanya …
    Laptop saya merk compaq 510 prosesornya inter core duo cpu T5870 2 ghz ..
    stiap d pake ramnya kyk bocor gt …
    Klo msalnya main game atau dngerin lagu ramnya suka penuh sndiri …
    Itu krna virus atau ramnya emank bocor mas y …
    Dan kalo msalnya saya mau upgrade ram kira2 maxnya brapa y …
    Mohon pencerahan mas …🙂

    • Triyoga Adi perdana says:

      kulonuwun juga mbak cantik. ewewewewek
      Kalo bocor sih kayaknya gak tuh. Tapi karena mungkin background tasknya lumayan gede. Misal aplikasi yang otomatis berjalan ketika komputer dijalankan. Coba teliti lagi di control panel barangkali ada aplikasi yang gak jelas di uninstal aja. Atau kalo pengen enak tinggal buka task manager, terus lihat aplikasi apa yang makan ram banyak, terus uninstal. Atau bisa aja karena RAM sekarang terlalu kecil. Hehe. .

      Kalo saya lihat sesuai dengan procienya sih bisa sampai 8 GB. Kalo gak perlu-perlu mah 4GB aja cukup.
      Sekian. .

  59. roy says:

    Mas saya mau upgrade RAM dari 2 GB jadi 6 GB, Laptop saya Samsung NP355V4X-A03ID sedangkan RAM yang ada sekarang merek samsung 2 GB PC3 12800, di laprop masih ada 1 slot lagi yg kosong , yang cocok pakai RAM apa mas ? apakah bisa jadi 6 GB ? os pakai win 7 32 bit atau upgeade 4 GB aja mas ? makasih sebelumnya .

  60. Sultan Ilham says:

    om, saya punya laptop spek ram > Samsung DDR3 PC3-12800 4GB || nah spek ramnya tuh masih single channel om, karena ane pengen dual channel karena slot satu di laptop ane kosong ane pengen beli ram Corsair SO-DIMM DDR3 8GB PC12800 – ( 2X4GB ) Dual Channel om, jadi intinya ram yang akan ane beli apa akan support dan bisa ngangkat kinerja laptop? oh iya, ane pake proc Intel Core i3 4010U 1.7ghz udah ane ceck di website intel, memory interfacenya 1333/1600 mhz hehehe jadi PC12800 (12800/8 = 1600 ) udah maksimal kan om🙂 mohon jawabanya om, bisa ningkatin kenerja laptop apa ngak🙂 karena ane bingung mau nanya siapa.

  61. andika says:

    Gan, kalau spesifikasi notebook ane seperti ini, saran yang tepat untuk update memori .

    Memory Specifications
    Max Memory Size (dependent on memory type) 32 GB
    Memory Types DDR3/L/-RS 1333/1600
    # of Memory Channels 2
    Max Memory Bandwidth 25.6 GB/s
    ECC Memory Supported ‡
    No

  62. ALAM says:

    gan mau nanya laptop saya procesor nya : intel® Celeron® Processor N2840 itu tipe sama max RAM nya apa ya gan ? trus kalo mau upgrade rekomen nya RAM apa dan upgrade brp giga.
    makasi seblumnya gan😀

  63. siary says:

    Mas, laptop Lenovo Z480 i7 RAM bawaannya 4gb, apakah bisa up ke 16gb? (kata orang Lenovo bisa) Apakah mesti 2x8gb? Kalo hanya di 8gb apakah sebaiknya 2x4gb saja dengan tipe sama krn RAM bawaan gak ada yang jual lagi… Tks

  64. thr Amr says:

    Gua sudah 5 kali total Install ulang windows. 1.win7 home premium (Asal bawaan)
    2.instal ulang win 7 Professional X64, setelah itu
    3 install ulang lagi win8.1 ori, karena sebagian game dan program gua tidak busa di win8.
    4.balik lagi Ke win 7 SP1.X64
    5.Instal ulang lagi Win7 Ultimate X32/X86
    apakah itu berpegaruh pada Note Book gua? terutama Processor1,33Ghz dan Ram 2Gb.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Ngaruh atau gaknya tergantung teknologi OSnya. Kalo berdasarkan pengalaman, semakin kesini OS semakin light, booting lebih cepat. Mungkin karena manajemen memorynya yang bagus.
      Sering-sering install ulang, yang kena HD. Bisa cepat rusak.

      *maap late respon:mrgreen:

  65. MauLa Rohayadi says:

    ass..
    waww dari 2012😀
    maunanya nih mas’
    saya punya memory rm 1gb ddr3 pc 10700 667 mhz 1333
    nah’ niatnya saya mau beli tipe yang sama’
    kira kira ada ga yah ?
    apakah pc 10666 dan 10700 bisa dual chanel’ ?
    terima kasih

  66. Jiwo says:

    Mas Yoga, maap saya belom ngudeng nih. Laptop saya
    Asus A450CC-WX154D WX155D i3-3217U / 2GB / 500GB / NVIDIA720M
    ada RAM bawaan 2 GB, dan kurang tau ada berapa slot RAM nya. Asusmikan ada 2 Slot, saya rencana mau beli tambahan RAM yang 4GB, jadi total 6 GB. Apakah bisa seperti itu atau sebaiknya 2GB + 2GB saja? Mohon Pencerahannya Mas Yoga. Mohon respon ya mas, atau ke email saya ke jiwo_specta@yahoo.com. Terima Kasih.

  67. pandusejati says:

    itu Rp.382.000 sudah harga dua keping ram dual channel atau hanya satu saja gan? trus kalau Rp.382.000 sudah dapat dua keping ram dual channel, kenapa harga dual channel lebih murah dibanding yang single channel? thx.

  68. damiandytto says:

    Mau nanya mas,
    Saya punya laptop asus a451lb i3 RAM 4gig, lebih saya pakai untuk sound engineering (recording, mixing dsb)
    Kalau upgrade RAM sampai max 8gig berpengaruh signifikan kah ke kinerja laptopnya?
    Thanks matur suwun

    • Triyoga Adi perdana says:

      Dear Damiandytto,
      kalo menurut saya berpengaruh mas. Apalagi kalo pakenya dual channel 8 GBnya. Selain itu, kalo misal mau sound engineering di maksimalin sound cardnya biar lebih maksimal.

      Semoga membantu.😀

    • Triyoga Adi perdana says:

      Saya belum begitu tahu nih mas tentang chipset itu. Cuma kalo dilihat sih dari beberapa berita di inet, kayaknya 8 GB (forum di tomshardware juga berkata seperti itu). Cuma, itu hanya sebatas forum. Mengenai keabsahan resmi dari intel saya belum menemukan.

      Semoga membantu.

  69. dina says:

    Mau tanya ram bawaan saya 2gb pc12800, nah saya mau di tambah ram 4gb total jadi 6gb. Namun 4gb nya itu berjalan di pc10600. Sebelumnya dengan laptop merk hp menggunakan ram jenis tipe yg sama sering terjadi blue screen karna masalah perbedaan hz. Kira-kira di laptop baru saya lenovo lebih baik cari tipe ram 4gb pc 12800 atau tetap di pasang yg tipe 10600 nya. Satu lagi apakah perbedaan tegangan pada ram juga bisa merusak komponen laptop ? Mohon bantuannya , makasih.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Mendingan samakan aja sama yang udah di pasang. Kalo beda emang biasanya ada aja yang aneh2. Kalo yang udah di pasang lebih tinggi nanti jadi downgrade kecepatan. Sayang aja.

      Maksudnya tegangan tu gimana ya?

  70. SALY says:

    MAU TANYA NI BOSSS SAYA PUNYA LEKTOP N46V SERIES MAU UP RAM DENGAN TYPE CORSAIR Memory Notebook 2x 8GB DDR3 PC-12800 [Vengeance CMSX16GX3M2A1600C10] APAKAH SUPPOR KAH BOS, TOLONG INFONYA BOS
    DDR3 1600 MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket for expansion up to 16 GB SDRAM
    NVIDIA® GeForce® GT 650M with 2GB/4GB DDR3 VRAM

    TOLONG MASUKANYA

  71. ekapoer says:

    mas..kalau mau upgrade memory bda merk apakah bisa, misal bawaan merk samsung DDR3 PC3-5800F,mau di tambah merk VGEN DDR3 PC-5800..

  72. sanusi says:

    mas mohon pencerahannya dong ?
    Ukuran Memori Maks (bergantung jenis memori) 8 GB
    Jenis Memori DDR3-1066/1333
    Jumlah Saluran Memori 2
    Bandwidth Memori Maks 21 GB/s
    Ekstensi Alamat Fisik 36-bit
    Mendukung Memori ECC ‡ No

    saya mau upgrade ke 8GB dualchanel , cuma yang masih saya bingung itu
    harus pakai yang mana diantara ini semua,

    PC8500 = 1060 Mhz
    PC10600 = 1333 Mhz
    PC12800 = 1600 Mhz
    PC15000 = 1875 Mhz
    PC16000 = 2000 Mhz

  73. Arnold says:

    Mas Tri,
    saya mau nanya, saya baru beli laptop dan saya lgsg up ram’a..
    laptopnya nyala normal dan RAM’a pun bertambah, tapi pas pulang saya iseng pake aplikasi CPU-z, saya baru sadar klo trnyata lptop saya seharusnya menggunakan DDR3L itu, dan saya tau dari voltase’a 1,35 volt. nah masalahnya ram yang ditambah itu bukan DDR3L tapi DDR3 biasa 1,5volt.. jadi voltase antara slot ram 1 dan yg k2 itu berbeda. apakah itu tdk apa-apa??
    Dari yang saya baca rata-rata kalau processor yang sudah haswell tidak bisa boot jika memakai DDR3 biasa. tapi laptop saya nyala normal.

    Thx sblmnya.🙂

    • Triyoga Adi perdana says:

      Nah ini yang saya sendiri belum pernah merasakan kalo misal campur aduk kayak gitu.
      Saya khawatirnya, normal kayak diatas itu karena yang yang DDR3nya gak kebaca.
      Logikanya bisa bluescreen, gagal booting kalo misal beda kayak gitu.

      *maap late respon:mrgreen:

  74. Stirling says:

    Laptop saya Asus x450c prosesor intel core i3 3217u, apa dapat di upgrade menjadi 8gb, ??
    (terpasang 4gg) dan hanya ada 1 slot ? mohon dibalas

  75. Indra says:

    Gan mau tanya nih, notebook ane Acer Aspire One 725 versi Amd C-70 with HD 7290. Cuman ramnya 2GB doang bawaan dari sono, padahal spec di internet ratarata nunjukin 4GB. Apa ini emang karena versi Indonesia ya ?. Trus ane mau upgrade RAM dari 2GB DDR3 PC12800 ke 8GB DDR3 PC12800 bisa nggak ya ? saya sudah cari max compatibility ram cpu AMD C-70 nggak nemu gan. Oiya kalo misalnya bawaan RAM PC12800nya di upgrade ke 4GB PC10600 bisa gak ya ? kan 2GB nya jadi 4GB tapi PC12800 nya jadi PC10600. Gimana tuh gan ?. Thanks before, semoga dijawab😀

  76. dega says:

    Mas mohon pencerahanya… saya gak tau soal laptop, bisanya cuma make doang….🙂
    Lenovo B475 os windows 7 professional 64bit
    Ini speknya
    CPU : AMD A6-3400M APU (Llano) 1.4GHz Up To 2.3GHz 4MB L2 Cache
    Chipset : AMD Hudson-M2, AMD K12
    RAM : 2x SO-DIMM DDR3 2GB PC10600 9-9-9-24 CR1, Max Memory Up To 8GB
    nah saya rencana mau upgrade RAM 8gb dual cannel (2x4gb) mas punya tips/rekomendasi RAM yang cocok buat laptop saya..? ini laptop mau buat gaming soalnya….

  77. lukas says:

    Mas,laptop saya Asus k45dr. saya berencana untuk nambah RAM. tapi ketika klo saya nambah ram, sedangkan vga nya sgitu2 aja, apakah ada efek sampingnya? makasih

  78. Ruby Eka Prawira says:

    Gan ane punya Laptop merek Toshiba Satelite c-840 dengan memoru SAMSUNG M471B5773DH0-CH9 Size bawaan 2GB type PC3-10600 DDR3 SDRAM SO-DIMM.

    pengen upgrade jadi 4Gb gan, nah dari HWINFO tertera Single-Chanel nah itu bisa jadi DC/ Dual-Chanel ngk gan. terus RAM yang cocok Untuk type PC-10600 apa? saya harus beli yg 1X4GB atau 2X2Gb gan ?

    terimakasih

  79. ghozi nashrullah says:

    Baru ngebaca postingan ini, kebetulan mau upgrade RAM. Laptop saya ASUS A450CC Intel core i5-3337U (1,8 Ghz). Bisa kasih saran ga mas? DUit saya pas-pasan 700 hehe, kebetulan RAM saya 4gb tapi mau saya up ke 8GB. Mending saya beli 2x4GB atau 1x8GB nih mas, biar ngepas sama duit saya? hehehe

  80. seno demejo says:

    Salam sejahtera, gan. Notebook saya, Memory Typenya DDR3/L/-RS 1333/1600 berarti dapat dipasang type RAM yg PC12800 yak ? itu ada huruf L maksudnya apa? makasih🙂

  81. teza rinaldi says:

    mas laptop saya compac Presario CQ42 ram 2gb. saya sering menggunakan laptop saya untuk rendering gambar di 3dmax. tp jika componentnya agak banyak sering keluar sendir, mungkin karena ngak kuat. rencananya saya mau upgrade ram ditambahin 4gb lagi. tujuan saya supaya bisa lebih ringan untuk rendering gambarnya mas. Tolong pencerahannya mas dari berbagai sisi mas.. Mohon dengan sangat mas.
    TERIMAKASIH sebelumnya mas..

  82. Gie-Gie says:

    Assalamualaikum mas tri.. saya numpang tanya dong suhu.. :’D
    Kebetulan bgt bgt bgt baru lepi kesayangan baru aja upgrade ram 2gb jadi 4gb mas, hehe
    begini kronologisnya mas :
    lepi ane Aspire 4750 intel core i3-2330M. Menurut kabar2 baca2 nih lepi support dual mas, jadi saya pake 2X2gb pc10600,:’D namun beda merek mas,
    yang 1 Nanya Tecno, yg satu lg saya masukin samsung, alhamdulillah kebaca dual mas,😀 (walaw cuma kebaca 3,85 :’P) hehe
    masalahnya kan sebelumnya (sebelum upgrade ram dan sblum instal 64 bit) pas masih 32 bit, bunyi kipas dan suhu normal mas,biar makin maksimal, ane instal 64bit juga, karna support 64bit juga mas,
    alhamdulillah hasil mantep si mas, jadi enteng bgt, cepet banget, ga ngelag dan ngehang mas, :’D
    tapi ada tapinya mas, kok kipasnya muter jadi agak berisik sama suhunya jadi naik ya mas? baca pake “speccy” suhu bisa 60-70an mas, padahal tadinya sblum upgrade ram dan install 64bit cuma dibawah 50an mas, T__T hhuhu
    itu kenapa ya mas? normal ga mas? padahal cpu usage & memory normal mas, dipake buka adobe photoshop AI plus browser kepake 45%, tapi kipas sama suhunya kok panasnya naik ya..T__T
    Maaf jadi panjang bgt kronologinya mas,😥 abis takut bgt nanti kepanasan malah ngurangin umur si lepi mas, T__T
    sebelumnya terimakasih2 banyak ya mas, maaf ngerepotin :”))

  83. sherwin says:

    selamat siang mas, mau nanya kalau laptop saya Asus X45c Prosesor intel core i3-2328M, ram saya 2gb tipe pc 10600 sudah disolder jadi tidak bisa dicabut lagi, kalau saya nambah memory 4gb dengan tipe pc12800 apakah akan membuat conflict secara hardware alias hang dan blue screen…? terima kasih

  84. Bani says:

    Mas Laptop Saya ASUS A45VD Nih, Ram Yang Pas Untuk Laptop Saya Yang Tipe Apa Ya? Apakah PC8500 Atau PC10600? Dan Kalau Saya Nambah Ram 4 gb Apakah Aka Jebol, Karena Yang Di SLot Pertama Itu Memori Nya 2gb

    Thanks

  85. Akbar says:

    mas mau tanya dong, saya mau upgrade ram laptop, laptop saya acer aspire 4752g, i3, max bandwitch pc3 10700, ramnya bawaannya itu merk kingston 2gb pc10600 pengen upgrade jd 4g
    saya cari yang sama merknya susah, kalo saya pake yang beda merk, tapi sama-sama pc10600 ada masalah engga ya ?

    • Triyoga Adi perdana says:

      Emang agak susah susah gimana gitu kalo mau upgrade RAM mas. Ada yang cocok, ada yang gak. Pernah ada juga yang malah sering nge-hang setelah di upgrade beda merk/beda kecepatan. Saran saya, mending beli RAM yang bisa tukar kalo misal gak cocok. Atau sekalian aja minta rekomendasi toko yang jual, alih2 biar pas nanti gak cocok bisa di gantiin sama tokonya. Hehehe:mrgreen:
      Semoga ada pencerahan.

  86. Farhan Fauzi says:

    Mas Triyoga Mohon arahannya.. Laptop saya Asus K42F, Memori 1 GB DDR3.. Untuk upgrade ram,, saya harus membeli yang type apa untuk maximal di laptopnya… Soalnya saya awam..

    • Triyoga Adi perdana says:

      Menurut alamat ini [http://www.asus.com/Notebooks_Ultrabooks/K42F/specifications/] tertulis DDR3 1066 MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket for expansion up to 8 G SDRAM, berarti untuk beli jenis RAM, silahkan untuk membeli yang PC8500 dengan max RAM 8 GB.

      Nah untuk memory silahkan di sesuaikan dengan budget mas. Kuncinya, “Biasanya” semakin mahal harga memory RAM nya semakin bagus kok.🙂

  87. Rivan says:

    mas kalo laptop saya punya “ram DDR3 L 2 GB” cuma ada 1 slot trus di upgrade dengan mengganti ram lama dengan “ram DDR3 8 GB” yang biasa processornya AMD Quad-Core support sampe 16 GB, tanggapannya gimana tuh mas kan memori aslinya DDR3 L diganti DDR3 tapi ramnya di ganti bukan di tambah soalnya cuma 1 tempat yang ada,
    tolong bantuannya mas

  88. peter nico says:

    asalamualaikum..
    selamat malam agan mau tanya nih
    ane sedikit bingung nih mau upgrade ram takutnya malah ngga compatible sama leptop ane
    spek leptop ane asus X450CC core i3-3217u 1.8GHz Ram 2Gb
    baru instal ulang win8 sih..
    pas dulu ane beli ane tanya ke orang nya “ada slot ram 1 lagi ngga untuk upgrade ram”
    kata orangnya ada.. ternyata pas ane buka cuma ada satu slot -.-
    ngga tau ane ketipu atau apa emang motherboard nya tipis sih soalnya..
    mau ngga mau ane kalo mau upgrade harus ganti ram nya dong ?
    dan misalkan ane nambah 8Gb nih untuk 1 slot ? itu bisa berdampak buruk buat leptop ane ngga sih ?
    dan mau liat max kapasitas ram nya gimana ya ? dan kalo agan baik minta saran aja buat pasang ram model apa buat leptop ane yang compatible.. ane takut ngga ada penyeimbang nya gitu kalo cuma satu slot doang….
    mohon bantuannya ya gan..
    wasalam^^

  89. Yulianto Wahyu says:

    numpang tanya ini sob, laptop saya toshiba satellite l740-1220ub menggunakan ram chipset SAMSUNG PC3-10600 DDR3 SDRAM SO-DIMM.
    berarti saat saya upgrade ram harus mencari tipe memory PC-10600 dan untuk mengaktifkan dual channelnya saya harus membeli yang PC-10600 4GB (2x2GB/dual channel) begitu ya sob ?
    mau tanya lagi ini(kebanyakan tanya hehehe), bisa memberi referensi nama merk ram yang cocok untuk laptop saya gak sob ?
    terima kasih sebelumnya…

    • Triyoga Adi perdana says:

      Betul mas, joooos.😀
      Waduh, kalo ngerekomendasiin sih agak susah ini mas. Soalnya tiap laptop kadang beda2. Saran saya, kalo mau nyari, pake pedoman “biasanya” yang lebih mahal itu lebih bagus.:mrgreen:

  90. Ryul says:

    Mas, saya habis upgrade RAM Sodimm DDR3 2gb merk samsung, tp habis itu windowsnya minta di repair trus, itu kenapa yah?
    RAM nya ngk cocok yah..
    Terima kasih sblumx..

  91. Bagus Permadi says:

    Gan, ane mau nanya
    Ane mau tambah 4gb di laptop ane, dilaptop ane dari sananya 2gb, (laptop ane support sampe 8gb, trs support dual channel), menurut agan :
    1. Ane beli 4gb yg dual channel atau yg single?
    2. Misalkan ane ngambial 4gb yg dual channel, yg ram bawaan laptop ane yg 2gb dicabut gak??
    Thanks

    • Triyoga Adi perdana says:

      Jadi gini, kalo beli RAM DC/Dual Channel itu misal 4GB berarti ntar dapet 2x2GB. Kalo single berarti 1x4GB. Jadi kalo misal nanti beli yang dual channel, otomatis butuh dua slot buat dipasang.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Betul mas, secara teori max OS dapat menangani memori seperti dibawah ini:

      Starter: 8GB
      Home Basic: 8GB
      Home Premium: 16GB
      Professional: 192GB
      Enterprise: 192GB
      Ultimate: 192GB

      Tapi!!!
      Yang menentukan max memory itu chipset motherboard, bukan semata-mata OS. Jadi jangan hanya melihat OS semata, tapi kemampuan chipset mendukung memory.
      Semoga membantu.

  92. saiful says:

    Halo Mas ganteng, punya saya toshiba nb5000,(win7starter, 1GB RAM) pengen saya maksimalin,
    saya mau tanya,
    1.klo mau bikin RAM’y jdi 4GB, apakah saya harus upgrade OS dulu?
    2.RAM yg cocok buat mainan saya ni apa y mas?
    Makasih mas, smoga sukses slalu dan lancar rejeki.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Kok tau saya ganteng.:mrgreen:
      1. Tergantung. Yang diinstal 64 bit atau cuma 32 bit. Kalo max memory masih oke kalo pake starter. Max memory OS kayak dibawah ini

      Starter: 8GB
      Home Basic: 8GB
      Home Premium: 16GB
      Professional: 192GB
      Enterprise: 192GB
      Ultimate: 192GB

      2. Kalo masalah merk, kalo mau beli pegang ilmu pembelian ram, “biasanya” lebih mahal lebih baik.😀

      Amiin aminn aminn.😀

  93. Eghy says:

    Assalammu’alaiqum..
    Mas, mkasih yaa postingnya berguna bngeet…🙂

    truz msih boleh nanya nggak, laptop ane HP 1000, processor intel core i3-2370M 2.40 GHz ram bawaan 2Gb DDR3-1066/1333.

    masalahnya nie ane mau upgrade ram dri 2 Gb menjadi 4GB..

    tapi ane cek pake HWINFO katanya laptop ane nggak support dual chanel,pas di cek di situs intel katanya bisa dual chanel.

    ane jadi bingung mana sih yg benar..

    mohon bantuannya dong…🙂

    • Triyoga Adi perdana says:

      Wa’alymkumussalam. W.W
      Makasih ghy.
      Kalo misal Procie nya sih udah support, cuma motherboardnya support apa gak ya? Itu masalahnya.
      Kayak misal ASUS seri ultra, alias slim, Procienya support kok pake dual channel, tapi ternyata slotnya cuma satu tuh.🙂
      Jadi, coba cek aja itu spek laptopnya di inet, mobonya ada berapa slot ram. Itu kayaknya lebih efektif.
      Semoga membantu.😀

  94. Din Herdiana says:

    mas, laptop saya asus k40ij, mau lihat max memori di ark.intel ga ada. prosesornya intel pentium T4400. saya pernah lihat mainboardnya, memory nya onboard merk nanya. itu kalo mau upgrade memori nya maksimalnya berapa giga ya?

  95. abnerd says:

    mau tanya mas …😀
    Laptop : ASUS
    procesor : Intel® Core™ i3-2330M Processor (3M Cache, 2.20 GHz)
    RAM : 2 GB , DDR 3, single channel
    1. cara mengetahui ram di lepi saya termasuk pc 1066/1333 ..😀 (di hwinfo32 nya gak ditulis gan :D)
    2. saya ingin mengupgrade menjadi 4 gb , bagusnya gimana ?
    – membeli 2 gb lagi ram yang single channel (tetapi gak tau merk, dan jenisnya termasuk yg 1066/1333)
    – atau membeli 4 gb yang dual channel sekaligus . . . .
    3, jika saya memilih yang membeli 2 gb single channel, tetapi misalkan bermerek vgon , sedangkan di laptop berbeda misalkan samsul gimana, tetapi jenisnya sama pc 1066 .. .😀

    mohon pencerahannya … .
    matur nuwun ..

  96. ulinnuha says:

    Mas mohon bantuannya, saya mau nambah RAM DDR2 Laptop ACER, Intel Core TM 2 Duo T5750. awalnya RAM saya 2GB, saya mw nambah 2GB lagi biar jadi 4GB. nah saya ini pakai OS Manjaro Linux (turunan Archlinux). Apakah ada hal lain yang harus diperhatikan untuk OS Linux mas? dan spesifikasi RAM yang harus saya pasang mereknya apa mas? mohon bantuannya sekali lagi. terima kasih.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Saya masih belum begitu tahu pengaruhnya di linux mas. Setahu saya linux fine-fine aja kok dengan merk dsb. Cuma yang harus di perhatikan tinggal RAMnya aja. Kalo T5750 kan paling kalo gak salah max 4GB saja. Jadi seandainya manjaro hanya support 32bit ya gak masalah, soalnya max memori juga 4GB.

  97. Rey says:

    kalo gitu saya mau nanya om, ane pke acer 4752G Core i3 2rd genertation, Ram yg ane pake Kingstone 2GB PC3 – 10700 dan Corsair 2GB PC3 – 10700 ,, apakah Ram yg ane pake jalan dngn dual channel? dan 1 hal yg ane bingung karena dr berbagai informasi yg dberikan teman saya berbeda-beda,, lebih bagus mana os yg bisa saya pakai? apakah 64bit atau 3 bit?? dan 1 lg om kata temen saya kalo baru upgrade/nambah Ram lebih bagus Osnya di instal ulang lg… beneran gitu om emangnya??????
    Terima Kasih sebelumnya …🙂

    • Triyoga Adi perdana says:

      1. Gak bisa mas, soalnya beda merk. Paling kebaca di OS single channel.😀
      2. Enakan ya 64 bit, soalnya bisa baca memori lebih maksimal. Tapi kekurangan 64 bit itu, banyak aplikasi yang gak nyediain di 64 bit. Biasanya sih ada fitur yang jadi gak maksimal kalo aplikasi 32 bit di instal di 64 bit. Atau bahkan kadang gak bisa keinstal. Hehehe. .
      3. Gak juga tuh. Gak harus instal ulang. Cuma ya di sesuaikan dengan kebutuhan. Kalo upgrade ke 8 GB ya lebih baik instal ulang pake 64 bit. Coba baca lagi artikel di atas yang 32 bit atau 64 bit.

      Semoga ada pencerahan.

  98. Ana says:

    maaf mas Triyoga ,, saya gk ngerti tentang ram. Tp saya mau upgrade Ram. laptop saya acer travelmate 4740, inter core i3-350M processor ( 2.26 GHz, 3 MB L3 cache ), bagusnya beli ram yg bagaimana ya ????? mohon bantuannya mas…

  99. Adil says:

    masih agak kurang ngerti… core i3 2328m mendukung dual chanel…… maksud dual chanel disini membaca dual chanel pada satu socket atau gabungan dua ram singel chanel pada dua socket atau bisa membaca dual chanel pada dua socket…. simpelnya gini: kalo saya pasang memory dual chanel 4gb pada socket satu dan dua apa yang akan terjadi???

    • Triyoga Adi perdana says:

      Yang namanya dual channel itu dua socket. Ketika ilmu jalan tol dipake, maka dengan dua gerbang, dibandingkan dengan satu gerbang, lebih cepat keluar yang mana mobilnya? Mungkin seperti itu logikanya.

  100. Adi says:

    Dear Mas Tri,

    Aku mau tanya, laptopku OS nya Windows 7 32bit, kalo seperti ini lebih baik di upgrade RAM sampai 8GB atau 4GB saja sesuai penjelasan di atas? Lalu apa dengan RAM yg ter-upgrade nanti VGA akan ter-shared juga? karena VGA saya ATI 512Mb tapi dari awal tertera jadi 1GB, apa kalo RAM jadi saya upgrade akan menambah VGA juga?

    terima kasih mas atas penjelasannya🙂

  101. array says:

    mas triyoga,,mohon pencerahannya..saya punya laptop acer 4738z…ram nya 1 gb..saya ingin upgrade jadi 6 gb..bisakah slot pertama saya pasang 4 gb..kemudian slot ke dua saya pasang 2 gb..tapi jenis dan mereknya sama..apakah hal ini bisa..kemudian jika itu bisa lebih baik saya pakai yang os 32 atau 64 agar kapasitas ram nya terbaca optimal..mohon bantuannya mas..

    • Triyoga Adi perdana says:

      Dear Array
      Kalo misal mau dipasang berapapun, gak masalah kok.
      Cuma gak bisa dual channel (silahkan baca di postingan ini).
      Kalo misal mau 64 maupun 32 bit, kalo dilihat dari kemampuan memory mending 64 aja, tapi kekurangannya banyak aplikasi yang emang gak support di 64 bit. Seandainya diinstal 64 bit, tapi nginstal aplikasi 32 bit, biasanya si aplikasi itu, kurang maksimal jalannya.

      Semoga membantu.🙂

  102. Stepanes says:

    bermanfaat banget bro infonya. selama ini ane bertanya tanya beda ram PC**** artinya apa. dan warna slot motherboard support dual chanel (PC) ane warnanya 2 merah dan 2 kuning maksudnya apa, dan terjawab sudah🙂 terima kasih banyak.

  103. angga praditya says:

    mas, saya mau tanya sedikit nih,
    laptop saya persis sperti contoh spek laptop agan,
    standar memory bawaan ddr3 2gb pc 10700, kebetulan saya mau upgrade menjadi 4gb, tapi selain tipe pc10700 yakni 10600, (di tambah 2gb pc 10600)
    apa nanti yang akan terbaca hanya yang speednya rendah, yg 2gb pc10600 saja, yg 1 nya lagi tdk terbaca?
    sekian gan, mungkin bisa di sharing

  104. Oci says:

    Mas saya juga ada rencana buat upgrade saya pake asus k45dr mau pake 8Gb kira2 merk apa ya n budgetnya gak terlalu mahal.
    antara 6Gb atau 8Gb

    • Triyoga Adi perdana says:

      Wah, apa ya. Kalo untuk lihat harga mending cari di viraindo mas. Meskipun itu bukan harga real di pasaran, minimal kita tahu rentang harganya.
      Kalo merk sekarang mah udah lumayan bagus semua mas, kalo mau sih corsair. Atau kalo emang slot ram yang satu slot udah ke isi, mending cari aja yang sama kayak gitu.
      Semoga membantu.🙂

      • Triyoga Adi perdana says:

        Eh, maaf mbak. Gak tahu kalo cewek. Temen saya oci, dia cowok soalnya. Hehe..
        Coba liat dulu yang kepasang di laptop apa mbak. Liat pake Hwinfo. Ntar dari situ tau deh, enaknya beli apa.
        Maksudnya, biar sama-sama jenisnya.

      • Aryawan Renata says:

        dengan membaca artikel panjang lebar yg dibungkus sekecil … saya kira saya akan tambah bingung, ternyata bisa dipahami…
        saya punya masalah dengan game pointblank, VGA Nvidia Gforce 720, RAM 2GB DDR3… pas main tampilan secara design bagus, cuma kalo perang main 16 orang per ROOM itu gambarnya jadi kabur dan goyang2
        PAK saya mau nanya saya ada rencana tambah RAM, RAM sekarang 2GB DDR3, misalnya laptop saya support 8gb.. menurut bapak apakah
        1. menambah single cannel (untuk slot ram yg kosong) 4gb itu ide yang bagus, jadi totalnya 6GB..
        2. atau pasang ulang 8GB dual channel ?
        mohon kritik(kowokwkwokokwo) dan sarannya…
        kalo bisa kirim ke email ya pak..
        renataaryawan@yahoo.co.id

  105. koko says:

    Mas, saya ud upgrade ram laptop, yg satu merk samsung, satunya kingston PC10600. biar tau itu bisa dual channel apa ga gmn ya? klo pake HWinfo32 disitu ditulis dual channel..

  106. muhaimin says:

    Gan ane mau tanya nih,ane gaptek banget soal pc
    Jadi laptop ane lenovo g460 i3 2.53Ghz ddr3 2gb intel HD grafick…itu laptop slot ram nya ada dua atau satu,soalnya ane cek pake cpuZ katanya single Chanel ??? Kalo dua kan ane tinggal beli yg 2gb aja soalnya ane mau upgrade ke 4gb? Kalo sempet blz via gmail yah gan…terima kasih

    • Triyoga Adi perdana says:

      kalo misal laptopnya kayak gini >> [http://www.cnet.com/laptops/lenovo-g460-06779uu-black/4507-3121_7-34412087.html], berarti ada dua mas. Sekarang bahkan netbook punya dua slot. Meskipun dua slot itu ke isi, tapi beda merk, jenis ram, sistem komputer juga tetap membaca single channel. Coba baca lagi bagian dual channel di artikel saya.

      Kalo mau upgrade, mending di lihat jenis ram dan beli aja ram yang identik sama yang udah kepasang.

      Semoga membantu.🙂

  107. reno says:

    dear Mas Yoga.

    Mas, tolong sarannya untuk upgrade maks memori laptop saya, Acer Aspire 4740G (Intel Core i5 430M).
    Saya berencana mengganti memori bawaannya.

    Thanks

      • reno says:

        Kalau dr informasi yg saya dapat, maksimal memorynya 8gb & 2 channel (tolong koreksi kalau salah).
        Apakah sama efeknya kalau saya langsung membeli paket memori yg 2x4gb dengan saya mencicil beli yang 4gb 2 kali (faktor uang ni mas :)…)
        Thanks

  108. didi says:

    ngga tau ini bener apa ngga,
    saya punya asus k43u proc e450
    memory bawaan hynix 2giga
    os windows 8 – 32 bit

    kemarin saya tambahan 4giga patriot viper
    jadi total 6 giga
    di system windows terbaca tetap 6 giga

    permasalahannya apakah ini benar, karena merujuk yang sudah ada, pemakain memory diatas 4 giga akan terbaca jika OS yang dipakai adalah 64 bit ?

    perubahan setelah penambahan memory tetap terasa, windows experience index meningkat meski tdk banyak, photoshop cs 5 plus addin jalan lancar, haruskah saya mengganti OS yang 64 bit untuk mendapatkan perubahan yang lebih ? mohon pencerahan

    • Triyoga Adi perdana says:

      Saya masih belum paham tentang memory management di windows 8 mas. Bisa saja demikian terbaca 6GB dan memang seperti itu.
      Cuma, kalo dilihat dari basic 32 sama 64 ya pasti akan maksimal di 64 mas. Terlepas di OS nya.
      Kalau misal memang masih lancar dan tidak ada masalah, teruskan aja di 32, tapi kalo memang berasa masih kurang maksimal, 64 patut dicoba mas.
      Itu pendapat saya. hehe😀

    • Triyoga Adi perdana says:

      Saya masih kurang paham di dalam c640 ada prosesor apa mas.
      Mending kalaupun mau di upgrade, lihat dulu support atau gaknya di ark.intel.
      Kalau tanya merk, sesuaikan saja sama memory 1 GB yang sudah terpasang. Untuk lihat, coba download hwinfo buat ngeliat. *link ada di artikel*.
      Semoga membantu.

  109. yulian says:

    mass mau nanya..
    laptop ane toshiba l840 core i5 ram 2gb os 64 bit w8..
    dikasih ram 8gb, apa harus sama max bandiwtnya yang pc3-12800(800Mhz)??
    mohon pencerahanya mas…

  110. Agi says:

    mas mo nanya, laptop ane toshiba c840, bawaan ram samsung 2gb ane upgrade ke 4gb merk adata tapi di cek di proprties kebaca instaled memory ram 4 gb (2.66 gb usable) maksudnya gimana? mhn pencerahannya……

  111. Darmawan says:

    Mas,, kalo ram 8gb dual channel itu artinya 2x4gb atau 2x8gb ?? Takutnya nanti pas beli yg 8gb dual channel itu kapasitasnya udh 16gb,, lebih dari kapasitas laptop,, mohon pencerahannya🙂

  112. wicak says:

    mas mau tanya dong, saya mau upgrade RAM jadi 8GB, tapi gk tau mau upgrade merk apa, kalau tanya2 di forum sih saraninnya corsair vengeance yg 2 chanel 2x4GB, nah menurut mas gimana tuh?
    terus maksimal memory dari processor liat di intel max. itu 32GB, tapi tanya di forum2 ada yang pakai 16GB tapi gak bisa nyala laptopnya.. gimana menurut mas??
    laptop saya asus n46vm core i5-3210M 2,5GHz, windows 7 64bit..
    RAM elpida pc3-12800 (800MHz) 4GB single channel ..

    TERIMA KASIH BANYAK ..

    • Triyoga Adi perdana says:

      Kalo corsair mah bagus mas. Mantaaap itu.🙂

      Kalo masalah 16GB terus gak bisa nyala laptopnya saya belum pernah tahu mas. Bisa jadi karena mungkin bukan dual channel, sehingga kadang keping satu dan keping dua ramnya gak nyambung. Gak usah 16GB, kadang yang 4 GB tapi gak kembar identik pun malah blue screen terus pas ngakses memory di ram nya. Kemungkinan seperti itu mas.
      *semoga membantu*😀

      • Triyoga Adi perdana says:

        Untuk lebih jelasnya, mendingan liat-liat aja di forum mas.🙂

        Terkait masalah upgrade tapi malah gak nyala, kalo kemarin pengalaman temen, bilang sih katanya masalah voltage buat PC-nya. Saya masih bingung, ini masalah tegangan atau arusnya. Coba di search lagi mas tentang pengaruh nambah RAM di tegangan sama arus. Soalnya saya masih agak sangsi terkait berita ini, meskipun itu berdasar pengalaman temen sendiri. hehe

        Semoga membantu.🙂

  113. Dimas pangestu says:

    Mas laptop saya core i3 350M. Ram yang bisa di pake ddr3 800/1066. Pas saya buka ram nya ternyata pc10600. Trus sekarang saya ganti dengan corsair pc10666 kok gak bisa ya mas? Mohon bantuannya

  114. Kuro says:

    Bro… Infonya dong
    laptop saya HP G4 2133TX ram standar 4 gb saya pengen upgrade ke 8 gb…
    Bagusnya saya beli ram 4 gb yang kayak apa bro ?

    • Triyoga Adi perdana says:

      Ini maksudnya bagusnya saya beli ram 4GB kayak apa itu gimana ya? hehe🙂
      Kalo sekedar merk, beli aja corsair. Cuma kalo emang udah ketanem 4 GB 1 slot, dan 1 slot nganggur, mending beli aja merk yang sama kayak yang 4GB. Biar dual channel.

  115. yusuf says:

    sya punya laptop a45vd core i3 2370, stelah sya cek sperti di web intelnya tipe memory laptop ane ddr3 pc1066/1333 & max memory 16 gb, tp knapa ya memory bawaan laptopnya tipe ddr31600 & max 8 gb di website resminya? mohon pencerahannya gan?

  116. Felix Andrian N says:

    mas.. laptop saya lenovo b490 20207…
    ram sekarang masih bawaan 2 GB yang PC3-12800 (800Mhz)
    saya cari di internet katanya itu sama kayak PC-1333 ya mas??
    terus di ark intel core ada tulisan DDR3-1066/1333 maksudnya apa ya?
    processor saya i3-2348M gen 2
    MAKAASIH😀

  117. avril says:

    salam…
    mo nanya masalah kapasitas maksimum
    pilih mana:
    spek laptop maksimum memory 8 G
    spek processor maksimum memory 16 G
    pilih mana ya mas?

  118. Lazuar Indra Prasta says:

    permisi gan mau nanya nih

    ane mw upgrade RAM laptop jadi bingung gan, setelah melihat spesifkasi RAM laptop ane dengan menggunakan software SisSandra, HWinfo32 dan CPUZ, installed RAM nya DDR3 PC12800 1600

    Tapi kalau melihat memory spesification dari prosesor ane (Intel® Core™ i3-2328M Processor) yang ane liat diwebsite ark.intel dan ternyata memory type nya DDR3 1066/1333

    lalu ane buka software bawaan HP support assistant dilaptop ane liat spech dilaptop yang tertera 2GB SODIMM Hynix 1333MHz

    NAH yang jadi pertanyaan nya ane mesti beli RAM yang type PC12800 1600 atau PC 10600 1333 ?
    mohon info nya hehe soalnya takut salah beli😀

    • Triyoga Adi perdana says:

      *maaf baru balas, lagi lumayan hectic*

      Mending disamain aja sama yang udah dipasang mas. Biar dual channel. Meskipun nanti downgrade gak papa. Yang penting dual channel. Takutnya ada sesuatu yang lain kalo beda kecepatan-nya. hehe

      menurutku gitu aja.🙂

  119. Rama Alditya says:

    kk begini, kok Ram PC saya ga kebaca penuh ya? awalnya RAM saya PC 4300 Samsung DDR 2 512 MB x 2 = 1GB. kemarin saya ganti slot pertama dengan PC 6200 400 MHz 1024 MB di slot 1. jadi slot 1 merk Kingston, slot 2 merk samsung. lah sekali saya hidupin kompi, di control panel kebaca hanya 1GB saja, sedangkan total memori di HW info 1,5 GB. dan di windows kebaca 1 GB dan itu yg merk kingstonnya. mohon bantuannya ka…. saya pakai windows XP SP 2 32bit, Processor Intel Pentium 4 524 , mobo HP and Compaq Desktop PCs – Motherboard Specifications, RC410-M (Asterope) dengan support memory max 2 GB. bantuannyaa ka…

    • Triyoga Adi perdana says:

      *maaf baru balas ya, lagi lumayan hectic. Hehe*

      Pertama, itu pcnya pcbuild ya? Maksudnya beli sepaket. HP semua. Atau rakitan?
      Dua, mungkin support memorinya hanya sebatas 1GB.
      Tiga, coba dibalik pemasangannya. Slot yang pertama buat yang baru dibeli.
      Empat, kedua ram gak bisa sama-sama jalan bareng. Ini biasa kok jadi permasalahan kalo mau upgrade ram.

      Coba empat langkah diatas dulu. hehe
      Semoga membantu🙂

  120. eddy says:

    Wah.. artikelnya bagus dan bermanfaat.. bang saya mau nanya ni.. saya pakai asus A43SJ support dual channel n max memory 16gb. Bisa ga kalo saya pasangin ram 8gb 2 keping? Tapi yg ga khusus dual channel. Jd belinya merk dan type sama 2 keping 8gb gitu.. mohon masukannya bang..
    Terimakasih

    • Triyoga Adi perdana says:

      Bisa aja. Tapi biar lebih nendang beli yang sudah sepaket dual channel mas. Biar lebih identik. Takutnya udah beli mahal2 tapi gak klop.

      Seandainya udah ada satu slot isi 8GB, ya gak papa. Coba dlu asal belinya jeli mas. Jenis, merk harus sama.

      Semoga membantu.🙂

      • eddy says:

        Terimakasih masukannya.. asus saya sebelumnya belum pernah di upgrade.. jadi mau sekalian saya upgrade ke limit max nya mas.. ram nya ada ya bang yang paketan 16gb? Soalnya saya cek di viraindo cuma ada yang paketan 8gb bang

      • Triyoga Adi perdana says:

        Wah iya, mantep itu mas. hehe. .
        Ada mas, corsair ada tuh ku liat di gugel.🙂
        Kalo vira indo banyak yang bilang biasanya harga terlalu murah/terlalu mahal dibanding pasar mas. Mending harga yang tertera jadi patokan tengah2 mas.🙂

  121. Rama says:

    Kk tadi saya udh beli ram 1 GB merk kingston Pc 6300 400 MHz. Ram awal saya samsung 512MB x 2 266 Mhz, jadi yg slot 1 saya ganti dengan 1 GB. Setidaknya ram saya udh 1.5 GB ukurannya… Tpi pas liat di control panel sama hw info, kebaca hanya 1GB… 512MB nya ntah kemana, saya cek pake sofwere kedua ram saya aman dan terbaca baik d slot 1 dan 2.
    1. Penyebabnya apa ya?
    2. Ada solusinya ga?
    3. Kira2 bagusan mana 1GB + 512 mb kebaca 1GB dengan speed 266 mhz, atau 1 GB dengan speed 400 Mhz Pc 6300? Atau kembali ke 512 MB x 2 dengan speed 266 mhz?
    4. Ada dampak negatif ga kalau ada ram yg ga ke baca, beda merk sama beda PC-xxxx ?
    5. Jadi apakah saya harus membeli ram Kingston 1GB Pc 6300 lagi? Atau ram merk kingston ?

    Tolong ka di bntu jawab setiap pertanyaannnya

    • Triyoga Adi perdana says:

      Maaf baru balas.🙂
      Coba saya jawab ya.
      1. Untuk masalah itu, kalo saya lihat sih karena beda Frekuensinya aja. Beda PCxxxx nya. Kan udah dijelasin kalo misalnya dua keping beda jenis dan beda PCxxxx-nya otomatis bakal downgrade. Mungkin karena beda semuanya, jadi terkadang gak bisa kerjasama ram-nya. Temen saya punya PC, dipasang 2 keping, dan karena kebetulan emang gak jodoh itu keping satu sama satunya, akhirnya blue screen terus. Mungkin sama kayak gitu.
      2. Solusinya gini aja. Kalo penambahan RAM dari 1 ke 1,5 gak begitu terasa. Soalnya penambahannya gak terlalu banyak. Mending pilih yang frekuensinya gede.
      3. Mending pilih yang frekuensinya gede. Alias PCxxxx lebih tinggi.
      4. Lihat no 1.🙂
      5. Mending disamakan dengan Kingston 1 GB PC6300. Biar sejenis.

      Semoga membantu.

  122. nano says:

    mantab mas.. tp masih cuma bisa mbaca aja aku..laptopku sony vaio sve 14122 cvb procesore core i3 3110 M ..mau upgrade ram yg 4giga 2 chanel…speks ramnya yg gimana mas…? Udah mbaca2 sampai ke linknya tp blom mudeng jugaaaa

    • Triyoga Adi perdana says:

      Berarti procie nya kayak yang disini [http://ark.intel.com/products/65700/] mas?

      Kan disitu ditulis: Memory Specifications
      Max Memory Size (dependent on memory type) 32 GB
      Memory Types DDR3/L/-RS 1333/1600
      Memory Channels 2
      Max Memory Bandwidth 25.6 GB/s
      ECC Memory Supported No

      Berarti cari aja yang DDR3 1600 atau sama dengan PC12800 mas. Misal pake yang PC16000 gak papa, cuma ntar downgrade, alias kembali ke PC12800. Buang2 duit mas. So, kesimpulannya kalo mau Dual Channel pake yang PC12800.

      Semoga membantu.🙂

  123. iqbal hafizi says:

    udah nemu bang,,
    Mslah ny trnya ada d msconfig>boot>advance, d situ maximum memory ny tercentang dan nilai ny 4096, pntes aja ram ny cuma usable 3.xx aja

  124. iqbal hafizi says:

    oke sip bang,, ane coba cek dlu pkai itu, nnti ane kbarin klo udah bisa..
    Windows 7 ultimate 64bit bang..

  125. iqbal hafizi says:

    alhmdulillah udh nemu bang mslah ny, trnyta kipas prosesor ane gak d brsihin smpai bgian dlam ny sma si tukang service, trus kipas prosesor ny gak brjlan smpurna,, tp pas ane bongkar sndiri alhmdulillah udh normal lagi..

  126. iqbal hafizi says:

    assalamu alaikum mas yoga..
    Ane mau tnya nih,, knpa ya laptop ane sering mati sendiri pas ane lgi maen game, trus main nya patah patah pula.. Mhon solusi ny mas

    • Triyoga Adi perdana says:

      Wa’alykmussalam. Bisa jadi ram kurang gede, biasanya terjadi kalo pas multitasking sama task lain. Misal maen game, terus buka program apa gt. Solusi mungkin tambah ram.

      Kalo sering mati sendiri, bisa juga panas laptopnya. Heatsink mungkin kotor, jadi udara gak keluar sempurna. Solusi mungkin bersihin heatsink laptop.

      Semoga membantu.🙂

      • iqbal hafizi says:

        pdhal tu laptop udah ane upgrade ram ny dri 2gb jd 8gb dual chanel (2×4) plus ane instal ulang windows ny plus ane bersihin kipas prosesor ny.. Tp kok msih kayak gitu ya.. Smoga ada pncerahan lagi dari ente bang.. Mkasih

  127. Wota48 says:

    jadi, kalau mau ganti ram, beli yang kecepatan sama tetapi beda kapasitas?

    awal 2GB => 4GB?
    Terus apa bedanya kalau kecepatan sama?
    Maaf, masih newbie

  128. iqbal hafizi says:

    assalamu alaikum bang..
    Ane bisa minta rekomendasi dari ente ga, dimna toko online jual sparepart laptop yg lengkap dan murah..
    Mkasih

  129. iqbal hafizi says:

    assalamu alaikum bang yoga..
    Ane mau tnya, laptop ane acer aspire 4741G | intel core i5-450M 2.4 GHz | win 7 64 bit | 2 GB DDR3 SDRAM (PC3-10600). Ane mau upgrade ram nya menjadi corsair SO-DIMM DDR3 8GB PC15000 – CMSX8GX3M2A1866C10 (2x4GB),, kira kira bisa & cocok ga ya.. Mohon solusi nya bang.. Makasih

    • Triyoga Adi perdana says:

      Wa’alykmussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
      Kalo saya lihat di ark.intel (http://ark.intel.com/products/49022/Intel-Core-i5-450M-Processor-3M-cache-2_40-GHz), untuk i5-450M memory typenya masih sebatas DDR3-800/1066 itu artinya si laptop masih terbatas sama PC8500 maksimalnya mas. (*silahkan lihat tabel jedec di artikel ini*). Jadi, kalo misal mau di upgrade sampai PC15000, nanti ngebacanya juga sama aja kayak PC8500, alias downgrade. Mending, saya saranin sih beli yang PC8500 juga udah cukup. Tapi, berhubung dipasaran udah jarang yang PC8500, beli aja yang PC10600. Ini cuma masalah efisiensi uang aja sih mas. Dari pada beli mahal-mahal yang 15000, tapi dibacanya juga tetep 8500, mending beli yang 10600 aja. Toh, nanti juga tetep downgrade.🙂

      Nah, kalo masalah RAM cocok atau gak, corsair mah udah bagus kok. Hehe. .
      Sekian, semoga membantu.

  130. Trio says:

    mas tri, saya baru beli ram 4gb, klo saya beli ram 4gb dengan merk yg sama (kembar identik) apakah bisa dual channel?

  131. puput says:

    maksudnya 64 bit lebih cepat memrposes register daripada 32 bit seperti apa contoh konkritnya?apakah copy-paste jd 2x lebih cepat?apakah dapat mebuka banyak aplikasi sekaligus tanpa lemot?dll??terimakasih…

    • Triyoga Adi perdana says:

      Bit itu merepresentasikan kapasitas penyimpanan sementara untuk program aplikasi yang sedang jalan. Semakin banyak kapasitasnya, tentu yang ditampung juga semakin banyak pula kan? Seandainya sedikit, yang ada hanya alur pengosongan program lama dahulu, baru diisi program baru.

      Mungkin logikanya seperti itu.
      Semoga bisa menjawab.🙂

  132. surya says:

    assalamu’alaikum WR. WB

    mas tri.. mau tanya nie kebenran di postingnya membhas msalah RAM.. spesifikasi leptop saya lenovo Intel Core i5 2430M 2.40 GHz | 2GB DDR3 | 750GB SATA | nVidia GT 540M DDR3 2GB saya mau menambahkan RAM nya 2GB lagi supaya jadi 4GB.. kira2 yang cocok merk apa ya and PC brpa.. mohon pencerahannya.. terima kasih.

    salam kenal..

    • Triyoga Adi perdana says:

      Wa’alykmussalam W.W.
      Sekarang yang terpenting di download aja HWinfo dulu mas. Untuk linknya ada di artikel untuk tempat downloadnya.

      Setelah itu, dicari bagian RAM. Software itu nanti ngasih tahu kok, Merk RAM yang terpasang, PCxxxxx juga nanti keliatan.
      Monggo dikulik dulu pake software itu.

      Salam kenal juga.

  133. Zen says:

    Saya mau tanya gan, laptop saya intel core i3 (2.3 GHz, 3 mb L3 cache), 32 bit, windows 7, memori RAM 2 gb DDR3 (PC3-10600) merk hyundai, maksimum RAM 8 gb. Kalau misalkan saya mau upgrade RAM 2 atau 4 gb lagi dan pengen di jadiin dual channel gimana?
    Apa jawabannya saya upgrade RAM-nya harus nambahin 2 gb, hyundai, PC3-10600 yang sama!”
    Bisa kalau ditambahinnya 4 gb, hyundai, PC3-10600?
    Kalau saya upgrade RAM 4 gb –>sehingga menjadi 6 gb, apakah tetap yang terbaca hanya 3.xx gb?
    Mohon sarannya.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Kalo mau dual channel kan syaratnya harus kembar identik, jadi beli yang sama “plek” sama yang sudah dipasang mas. Tapi, biasanya kalo beli terpisah, buat sampe dual channel kadang gak cocok, meskipun merek sama. Biasanya sih kalo yang mau dual channel, belinya RAM yang ada tulisannya Dual Channel. Misal 4GB dual channel, ntar secara otomatis dapetnya 2 keping memori 2GB. Gitu.

      Nah untuk pembacaan memori emang kebacanya gitu.
      Biasanya sih ada software buat ngakali itu, saya belum pernah coba. Tapi coba search aja di inet mas. Biar memorinya kebaca maksimal.

      Kalo misal mau masang 4GBpun gak masalah kok. Yang penting sama-sama hyundai aja.

  134. アルベート ステバナス (@albertstevenas) says:

    bagus banget mas pembahasannya, lengkap dan mudah di mengerti.
    ini bagus buat bahan makalah nih hhi, maklum mahasiswa perbankan syariah :p
    hwinfo itu sama seperti CPU-Z id yaah?
    soalnya saya juga memakai dua”nya hhe..
    tapi hwinfo lebih lengkap. semuanya terbaca hingga voltase pada processor.😀
    tapi saya mau tanya mas.

    motherboard saya support seperti ini
    [IMG]http://imageshack.us/a/img89/8407/kakakar.jpg[/IMG]

    tapi processor saya hanya support seperti ini
    [IMG]http://imageshack.us/a/img823/7777/41220958.jpg[/IMG]

    dan di hwinfo seperti ini
    [IMG]http://imageshack.us/a/img594/9695/adsgq.jpg[/IMG]

    saya mau upgrade ke RAM corsair dual channel tetapi untuk versi yang 10666/1333mhz sudah tidak ada yang veagance..
    mau tak ganti dengan :

    1.Corsair DDR3 Vengeance Red PC12800 8GB (2X4GB) – CMZ8GX3M2A1600C9R Rp 650,000
    atau
    2.Corsair DDR3 Vengeance Red PC12800 8GB (2X4GB) – CMZ8GX3M2A1600C8R Rp 689,000

    nah diantara 2 RAM itu bedanya apa kok ada selisih harga 39rb?..

    tolong di jelaskan mas..
    kemudian saya diberikan solusi baiknya seperti apa untuk komputer saya🙂
    soalnya saya masih awam tentang komputer😥

    atau bisa kirimkan jawabannya ke landakodok@gmail.com😀
    soalnya saya baru kali ini lihat wordpress hhe😀

    • Triyoga Adi perdana says:

      Wah, mantap ini.
      Emang hbungnnya ram sama perbankan syariah apa ya?🙂

      Oke mas, saya akan sedikit menjawab, udah lama saya gak update seri-seri ram kayak gini sebenarnya. Jadi kalo memang terasa kurang pas, dimaklumi ya. Hehe..

      Nah, untuk perbedaan dua jenis ram itu sebetulnya ada pada test latencynya (alias waktu tunda). Coba mas lihat di gambar hasil hwinfo, ada tulisan current timingnya 9-9-9-24 kan? Itulah latency.

      Setelah saya cek di web corsair untuk keduanya [http://www.corsair.com/vengeance-8gb-dual-channel-ddr3-memory-kit-cmz8gx3m2a1600c9r.html] dan [http://www.corsair.com/vengeance-8gb-dual-channel-ddr3-memory-kit-cmz8gx3m2a1600c8r.html], hasilnya pada tech spec tertulis untuk yang belakangnya
      >> 1600c9r latencynya: 9-9-9-24
      >> 1600c8r latencynya: 8-8-8-24

      Nah, untuk lebih mempelajari latency, biar gampang coba baca ini dulu mas [http://www.gamexeon.com/forum/hardware-article/75702-pengaruh-ram-speed-timing-ke-performa.html] dan ini [http://kangtokkomputer.weebly.com/timing-dalam-ram.html].
      Intinya secara teoritis, semakin kecil latency, semakin cepat respon kepada kita. Misal klik juga lebih cepat dsb [sdah lengkap di dua artikel yang tadi saya kasih mas.]. Jadi ya wajar, kalo yang c8r lebih mahal dari yang c9r gara-gara latency. Kalo misal pengen beli aja yang lebih mahal mas. Lagian beda 39ribu gak masalah lah ya.🙂

      Mungkin seperti itu.
      Semoga membantu.🙂

  135. time says:

    mas saya punya ram sodimm visipro 1gb ddr2 pc6400, mau saya bikin jadi dual channel.. pas ketemu spek ram yang sama di toko, saya lihat fisiknya ternyata chipsetnya agak lebih kecil dari ram saya. keliatannya juga dari manufakturnya juga berbeda.. pertanyaannya 1) apa kasus tadi bisa dibuat jadi dual channel ? 2) seandainya ternyata gagal jadi dual channel, lebih baik mana upgrade jadi slot 1= 1gb; slot 2 =2gb atau masing2 slot sama besar ? 3) bagaimana cara mengetahui kalo mobo dan atau prosesor itu support dual channel (spek saya :core 2 duo T6570 2,1GHz ; mobo clevo M7x0S chipset SiS 671/672 + 968 ; OS win 7 32bit) ?

    mohon saran & penjelasannya😀

    • Triyoga Adi perdana says:

      Dear time.🙂

      1. Untuk perbedaan itu kayaknya sih chipset manufakturenya yang beda. Kalo sudah beda biasanya kemungkinan DC kecil. Biasanya sih, kalo bntuknya sama pun kdg jg gak bs klop bwt DC. Kalo solusinya sih biasanya beli paket ram DC. Misal 4GB DC biasanya ada 2 keping @2GB “identik” didlmnya. Kalo beli terpisah, takutnya identiknya itu gak nyampe.

      2. Kalo udah gak ngurus DC semakin tinggi smkn bagus. Trutama kapasitas memorinya.

      3. Nah untuk ini silahkan merujuk link yang saya pasang di artikel. Yang ark.intel itu. Nanti tinggal dicari disitus tsb.🙂

      Tapi kalo dilihat dari jenis, kayaknya supportnya paling cuma 2 GB. Coba dicek dlu aja di link ark.intel. Tkt salah.

      Semoga dpt membantu.🙂

      • time says:

        sudah juga saya cek linknya, sayangnya info tentang memory specification gak ada😦 hahaha
        maaf mas, bisa tau jenis spek saya cuma sampe 2gb dilihat darimana ya? apa ada referensi lainnya mas?

        terimakasihbanyak sangat membantu😀

      • Triyoga Adi perdana says:

        Oh ya trnyata gak ada.🙂

        Tu kata temen pas mau ngupgrade yang sama. Tapi kalo saya liat udah support 64bit kok. Jadi kalo logikanya sih bisa diatas 4. Tapi kalo mas/mba ini pake windows yg 32 bit paling kebaca cuma 3,x GB. Untuk savetynya aja sih mending upgrade ke 3GB atau 4GB (seandainya mau DC). Dibeberapa review notebook sih untuk procie type ini ditulis kebanyakan max 4GB tuh.

        Nah kalo misal mau yang ke 4GB tapi gak DC mendingan ke 3GB aja. Soalnya perpindahan 3 ke 4 non DC gak bgtu signifikan.

        Mungkin seperti itu jawabannya. Maaf kalo gak memuaskan. Hehe. .

  136. Lasi C68 says:

    Salm kenel mas, rupax artikel mernrik, toshiba L745 core i3,mau upgrade ram dri 2g ke 4g.tlg d ngasitau type n merek apa yg hrs ane beliin. Maklum.

  137. Arib Elek Permanent says:

    mas q mo updgrade ram,, dr default laptopnya uda ada ram samsung DDR3 2GB pc-10600,, nah kl slot 2 nya ditambah 4GB boleh gak,,? jd 2GB + 4GB,, ato harus sama sizenya 2x2GB ato 2x4GB
    terus q rencana mo beli VGEN DDR 3 4GB pc 10600,, kan beda merk tu mas bisa optimal gga ya

    • Triyoga Adi perdana says:

      Oh bisa aja mas. Gak papa.
      Kalo masalah optimal mah tergantung juga mas. Kecepatan udah pasti nambah. Tapi gak dual channel. Kalo pemakaian sehari2 mah udah cukup mas. Kalo mau beli ram, kalo ada budget lebih coba beli corsair aja mas. Katanya sih vgen meskipin garansi seumur idup sering ngerror. Tapi tergantung juga sama barangnya. Kadang untung2an juga mas. Lebih enak lagi kalo baca2 dlu masalah merk ram yang sering dipake orang2. Dan sekalian liat reviewnya. Biasanya diforum2 banyak yang bahas.

      Semoga membantu.🙂

      • Triyoga Adi perdana says:

        Kalo murah terkadang untung-untungan mas. Hehehe.🙂

        Kalo secara logika itu dual channel itu kecepatannya bisa 2x dari single channel mas. Tapi itu hanya teori, terkadang gak bisa seperti itu dalam prakteknya.

        Kalo 2 dibanding 6 ya jelas lebih cepat 6 mas.🙂

    • Triyoga Adi perdana says:

      Wa`alykmussalam, W. w.

      Punteun sblmnya mau tanya. Maksudnya ngeclock itu gmn ya? Kalo misal dipasangkan, procienya mendukung hasilnya pun bisa sesuai dengan yang dipasang kok. Gt mungkin mksudnya atau gmn?🙂

  138. Burhan says:

    Artikelnya bagus sekali mas, saya mau nanya nih karena ada hubungannya dengan upgrade ram laptop saya.
    Laptop saya tipe SAGER NP9150 (mungkin ini laptop agak kurang terkenal di Indo karena mmg laptop ini khusus buat gaming di US sono).
    Spek Laptop:
    Processor: i7 3610QM
    RAM: 16GB 1866MHz (4x4GB) tipe: CMSX8GX3M2A1866C10, sebelum upgrade: 8GB 1333MHz
    HDD: SSD 256 GB OCZ Vertex 4
    VGA: NVidia Geforce GTX660M 1GB

    Kalau yang saya baca dari website resmi laptop sager di sebutin di situ ram bisa sampai 32Gb 1333/1600/1866MHz.
    tapi kalau dari website ark/intel tipe proci laptop saya cuma support Memory Type: DDR3/L/-RS 1333/1600

    itu apakah berarti ram laptop saya cuman bisa di 1600 MHz?

    Terima kasih.

    • Triyoga Adi perdana says:

      Terima Kasih mas.

      Untuk masalah tipe diatas, memang maksimal memori dapat berjalan tu di 1600 saja mas, sekalipun yang dipasang kecepatan diatas 1600, ujung2nya bakal downgrade mas.

      Mungkin kalo yang sampe 1866 itu support spek dari mobonya kali ya. meskipun dipasang diatas 1600, yang ada peningkatan juga paling dikit mas, soalnya mau di geber kecepatan berapapun, processor maksimal ya 1600 itu. Selain itu, untuk i7 memory kontrollernya ada di chip processor itu sendiri, so mending kalo speknya ada 2 kayak diatas, versi processor dan versi mobo, mending pilih yang versi support processor.

      Semoga membantu mas.🙂
      Salam, Triyoga AP

      • Burhan says:

        Dear Mas Triyoga,

        Makasih nih mas buat jawabannya, pantesan saja laptop saya cuman mengalami peningkatan sedikit di sisi kinerja ram nya, padahal upgrade nya secara fisik lumayan signifikan.
        mau nanya lagi nih mas, sudah pernah bahas artikel ttg VGA ma Proci ga mas, khususnya buat yg mobile (laptop)? Kalau udah mo saya baca-baca dulu biar ga OOT disini.

        Terima kasih.

      • Triyoga Adi perdana says:

        Wah, saya belum pernah mas. Coba mas main ke forum-forum kayak kaskus, chip, tomshardware, anandtech, pcstats barangkali bisa nemuin jawaban disana mas. Emang mau cari tahu apa ya mas? Barangkali saya bisa membantu.🙂

        Salam,
        Triyoga Adi Perdana

      • Burhan says:

        Y mas, seperti yang sya sebutin di atas, kalau laptop saya mmg di desain untuk bisa di customize, saya dah pnya budget lebih ingin upgrade procie ma vga nya, kira2 mas bisa bantu g ya mna yang harus sya upgrade terlebih dahulu, proci or vga?
        Yang bikin saya bingung juga mo milih VGA dari Nvidia or AMD?

        terima kasih.

  139. idi says:

    artikeleee juooooooz tnan mas…btw meh tkon ki.. laptopq LENOVO B480, core i3 2330 (2,2ghz), vga Nvdia GT610 1GB, ram VGEN 4gb pc 10600 single channel,dst (cukup :-D)..

    aq meh tny mas, nk laptop seperti diatas support ram sek speednya pc 12800 gak ya? aq meh upgrade 8 gb (4×2) sekalian, buat rekaman soalnya. apa laptop emang mentok 10600?

    @idihapsoro

    • Triyoga Adi perdana says:

      Dear, mas idi

      Oke, menurut data [disini] Intel® Core™ i3-2330M Processor processor cuma support sampe DDR3-1066/1333, otomatis cuma max di PC10600 yang punya kecepatan 1333 Mhz. Jadi saran saya sih, mending beli memory VGEN yang sama kayak yang dipasang. Ntar udah langsung bisa dual channel kok.🙂

      Jangan lupa juga pake windows yang 64bit mas, biar maksimal tuh kecepatannya. Tapi disesuaikan sama software buat rekamannya juga sih. Semoga bisa support buat windows 64bit. Tapi yang saya tahu, kalo buat musik mah gak terlalu nyedot banyak ram mas, kecuali kalo mau editing video, atau rendering🙂

      Gimana mas? Ada yang mau ditanyakan lagi? hehehe

      Salam kenal,
      Triyoga Adi Perdana

      • idi says:

        Oh oke deh mas nuwun,, tapi bawaannya malah 2GB PC 128000 merek samsung mas,, kalau misal ttap tak pasang 8gb pc 12800 dual channel.. ada dampak negatifnya gak ya menurut pengalaman?

        wah software rekamanq emang butuh banyak ram mas, software drum terutama BFD2.. sekali load set drum standarnya makan 2-3GB ram, ini 4gb aja agak ngos2an, hehe

        btw thanx bgt mas atas pencerahannya🙂

      • Triyoga Adi perdana says:

        Kalo vgen, visipro dsb itu cuma manufakturnya aja mas, nah kalo chip memory modulenya ada samsung, hynix, micron dsb. Biasanya untuk seri low, chip memory modulenya pake samsung sama hynix, untuk micron, dll biasanya untuk seri high alias overclock. Jadi kalopun mau beli vgen, liat dulu chip memory module yang ada di ram harus sama, pake samsung. Jaga-jaga aja mas, biar bisa pas karakteristiknya. Memory module itu bentuk kotak-kotak hitam kecil yang ada di RAM. Kalo beli keliatan kok, meskipun kecil. hehe

        Kalo msalah dual channel ngaruhnya kerasa kok mas. Bayangin aja analogi tol diatas. Coba dibaca berulang-ulang biar ngena.🙂

        Salam.

      • idi says:

        Wah matur nuwun sekali mas atas pencerahannya🙂 , kebetulan dijogja lagi ada pmeran sampai tanggal 5 nih di JEC, jadi mau cari RAM skalian.😀

        sukses selalu.

  140. Citra Taslim says:

    pas nih ada artikel kaya gini disaat lagi ada pertimbangan pengen upgrade RAM. jadi ga bener2 blank gitu. tp setelah baca artikel ini, saya masih banyak ga mudengnya T.T hikssss. tanya langsung ke yang nulis aja ya. aku kan prosessornya intel dual core, RAMnya masih 512 nih. kalau di upgrade jd 1G support ga?. aku pakeny win XP. mohon pencerahannya guru. jadi tulisan pas buka system properties Genuine Intel R CPU T2130 @1.86 Ghz 1.87 Ghz 384 Mb of RAM.

  141. Citra Taslim says:

    pas nih ada artikel kaya gini disaat lagi ada pertimbangan pengen upgrade RAM. jadi ga bener2 blank gitu. tp setelah baca artikel ini, saya masih banyak ga mudengnya T.T hikssss. tanya langsung ke yang nulis aja ya. aku kan prosessornya intel dual core, RAMnya masih 512 nih. kalau di upgrade jd 1G support ga?. aku pakeny win XP. mohon pencerahannya guru.

    • Triyoga Adi perdana says:

      pas nih ada artikel kaya gini disaat lagi ada pertimbangan pengen upgrade RAM. jadi ga bener2 blank gitu. tp setelah baca artikel ini, saya masih banyak ga mudengnya T.T hikssss. tanya langsung ke yang nulis aja ya. aku kan prosessornya intel dual core, RAMnya masih 512 nih. kalau di upgrade jd 1G support ga?. aku pakeny win XP. mohon pencerahannya guru. jadi tulisan pas buka system properties Genuine Intel R CPU T2130 @1.86 Ghz 1.87 Ghz 384 Mb of RAM.

      coba kamu pake hwinfo buat ngecek RAMnya seri berapa yang kamu pasang. Misal PC5300, PC5400 atau apa. Nah kalo udah ketemu itunya seandainya kamu beli 1 GB juga gak papa asalkan sama kayak seri yang kamu pasang. Coba kamu cek dulu sana.🙂

      Kayak dibawah ini maksudku [aku pake yang 10600 cit]:
      contoh seri RAM yang ku pasang

  142. Ilham says:

    saya gak pernah upgrade ram. ngertinya paling pengen ganti laptop sekalian. soalnya wis elek dan makin banyak kekurangannya. susahnya memang kalo gak ngerti masalah teknis komputer.

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s