Tanda Tanya dan Tanda Seru


(…)

Banyak sekali orang melihat dunia begitu kacau. Anehnya, mereka hanya sebatas berkicau tanpa membunuh kekacauan itu. Terkadang, –mereka malah yang saling bunuh– entah apa sebabnya. Mungkin jika dilihat, sama halnya menegaskan tanpa tanda seru dan menanyakan tanpa tanda tanya. Mungkin tak berarti bagi sebagian orang. Tapi terkadang, sedikit sederhana berkurang, keelokkan berangsur meluruh. Ya, diantara dua tanda itu.

Mari kita sebut saja, tanda seru sebagai ketegasan dan tanda tanya sebagai keraguan. Dua hal itu, mungkin bisa saja dilupakan olehmu, kalian atau siapapun yang sudah suntuk dengan kesabaran atau terlalu sulit mencari kesabaran. Terkadang, dibuang sayang, disimpan malah menjadi terbayang-bayang. Atau bahkan semakin dibuang semakin terbayang-bayang? Atau, malah semakin kau tegas yang ada malah semakin membekas? Sulit bukan?

Itu karena terkadang kita hanya membicarakan permasalahan massive saja. Akibatnya, yang kecil malah terabaikan, yang besar semakin menjadi besar. Tapi mungkin itu wajar, terkadang yang terlihat, lebih kita sukai ketimbang yang tak terlihat kan? Atau terkadang, malah yang tak terlihat membuat kita semakin menjadi lebih dekat? Atau seperti apa masalahmu?

Harusnya, dua tanda itu selalu hadir berdampingan. Karena dua hal itu, bisa menyenangkan jika kita bisa atur kadar hadirnya. Coba lihat, –anggap saja– ketegasan itu penting, karena sekarang yang terbuang biasanya karena ketegasan jadi barang cadangan atau terbuang karena tak ada yang meluruskan keraguan.

Dua hal itu, saling menguatkan. Atau bisa saja, saling menenggelamkan. .

(…)

Jakarta, 9 Juni 2015 

10 thoughts on “Tanda Tanya dan Tanda Seru

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s