Raja Para Perubah


Bukan masalah lamanya waktu saja yang terkadang banyak orang pikir, semua bisa mengubah. Bahkan terkadang, “uang” selalu di eluk-elukan sebagai raja para perubah. Semua orang berpikir bahwa hanya orang ber-uang saja yang kuat, bukan pesakitan seperti kita, yang hanya berbicara saja, tapi tak merubah apa-apa. Seperti adanya “kita”, pun juga termasuk yang di media sana, para wakil kita, yang seandainya terbukti, lalu mengeluarkan kalimat mantra, “saya hanya manusia biasa“. Dan anehnya, semua percaya.Β 

Bukan masalah lamanya waktu saja yang terkadang banyak orang pikir, semua bisa mengubah. Bahkan terkadang, “kesehatan” selalu di eluk-elukan sebagai raja para perubah. Dua puluh empat jam dalam sehari, kesehatan dijual belikan. Yang miskin ditolak, yang kaya mati mendadak. Surat miskin dibuat banyak-banyak, tapi yang diterima cuma yang punya uang banyak. Yang punya uang banyak, uangnya dibuat maksiat. Pesakitan sudah tidak menjamah pada orang melarat saja, tapi juga manusia-manusia konglomerat yang mobilnya 10 berjejer rapat-rapat. Tapi semuanya memakai topeng-topeng bermuka bangsat. Padahal, uangmu, mobilmu, tak akan muat di liang lahat!!

Bukan masalah lamanya waktu saja yang terkadang banyak orang pikir, semua bisa mengubah. Bahkan terkadang, “tahta” selalu di eluk-elukan sebagai raja para perubah. Jaman Pak Harto, sampe SBY-Budiyono korupsi jadi kebiasaan gaul para coro-coro yang punya tahta. “Belum korupsi, belum gaul”, katanya. Dari tingkat nasional, sampe daerah-daerah pun tetap sama. Susahnya, ditanggung sama-sama. Ya maklum, sekarang jamannya berjamaah. Apa-apa juga berjamaah, termasuk *agak nyelipin sedikit* uang rakyat buat DP rumah sama modal nikah. Fakta yang tak terbantah!!

Lantas, siapa raja para perubah?Β 
Aku pun tak tahu. Coba, tanyakan saja sendiri pada Tuhanmu!!

Bandung, 30 April 2013
#Random πŸ™‚

10 thoughts on “Raja Para Perubah

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s