Bulan pada sebentangan 12 jam lainnya


Siang ini, terasa berbeda. Engkau dengan senyummu masih tersimpul rapih di pelataran duniamu, dan rapuh badan ini masing mencoba tegak mencari jalan yang landai tuk dilalui. Ah, percayalah, jikaupun engkau matahari di bumi ini, aku yakin bahwa masih banyak orang yang mengharapkan keindahan bulan pada sebentangan 12 jam lainnya kan? Bukan begitu nek?

Nenekku pun hanya mengangguk, tersenyum kecil sembari memijit pundakku perlahan. Tak perlu lama untuk berpikir, suara itu terdengar jelas menyapaku, โ€œKau tahu uswah, Allah itu tahu kebutuhanmu, tahu yang terbaik bagimu. Bukan masalah waktu yang kau butuhkan, tapi bagaimana persoalan mengelola hatimu saja yang perlu kau benahi. Tak perlu lah kau mengemis kepadanya, atau marah pada dinding kamarmu untuk bersuara lantang mengalahkan suara hatimu yang semakin sayup. Ini bukan masalah kekuasaan, yang berbeda versi satu dengan yang lain, bukan pula masalah politik yang di gembar-gemborkan di seantero negeri, ini hanya masalah hatimu nduk. Kau masih muda, masih bisa melek dengan waras, masih bisa membangun, bahkan membentengi hatimu dengan baik, bahkan mempersiapkan benteng terbaik yang tiada seorangpun dapat dengan mudah masuk kedalamnya. Ingatlah satu hal, bagi nenek, siang/malam hanya masalah waktu saja yang membedakan, tapi bukan berarti keduanya berjalan tidak bersamaan. Bukannya ketika kita menikmati malam, di belahan bumi lainnya pasti juga sedang menikmati siang? Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam agar kamu mempunyai pandangan lain tentang kehidupan. Dia Maha Mengetahui segala isi hatimu nduk. Memang benar katamu tadi!โ€, pesan Nenek, kepada Uswah, cucu semata wayangnya.

[/diambil dari anakremaja.com]

ย #pesan untuk seorang kawan [57:06].

Bandung, 24 November 2012

47 thoughts on “Bulan pada sebentangan 12 jam lainnya

  1. viennays says:

    Suka banget nih sama tulisannya yang ini, gatau knp, berasa beda aja sama tulisan-tulisan sebelumnya (menurutkulohya:p). Pesen yang mau disampein singkat dan padat. Coba dibikin cerpen om๐Ÿ˜€ Keep postingya! (jangankayaksaya:phahaha) Ditunggu tulisan selanjutnya๐Ÿ˜€

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s