Odong-odong si Tansen


Berbicara odong-odong, mungkin masih sama seperti geliat Tong Fang yang ternyata, namanya membuat saya takjub, kata-katanya manis alias bisa buat orang cepet kembali segar kayak janji-janji calon anggota partai yang sakti mandraguna, sekali ngomong ces pleng, duit bisa menyebar kemana-mana. Gak butuh waktu lama, kemarin waktu saya halal bi halal anak-anak kelas SMA, teman saya Hari Budi Wirawan (Planologi UGM) pun menyebut kata Tong Fang. Padahal yang jelas, dia bukan seorang Blogger. Maklum, di dunia gaib alias dunia maya, tong fang benar-benar lagi HOT! Ah, tapi sudahlah, mending lupakan saja si Hari, toh saya juga kurang paham gimana Tong Fang bisa menyebar di UGM, apalagi di fakultas teknik tempat saya dulu ujian masuk UGM yang ternyata gagal. Hehehe. Anggap saja cerita “itu” cuma sekedar pengantar cerita ini. Yo ben pye, lak wes. . Open-mouthed smile

***

Odong-odong“Mainan yang bisa gawe anak kecil itu mringis bisa dapet penghasilan 50 ribu per hari lo meski sepi”, Ibuku celetuk di dapur pagi tadi. Ya maklum, dari tadi pagi, bolak balik, sang penjaja gerobak dorong versi belalang tempur goyang-goyang (baca: odong-odong) ber-sliweran setel musik volume poool lagu-lagu anak. Kalau di hitung, mungkin udah 6 kali si bang odong-odong sambil nyengir gowes di sekitar kompleks rumahku, ya wajar saja apalagi anak-anak banyak mainan di pinggir jalan bergerombolan. Mantap!! Kayaknya si abang ini udah punya ilmu marketing sekelas Donald Trump kali ya, atau mungkin si abang ini udah baca buku Cashflow Quadrant-nya Robert T. Kiyosaki sampe khatam.

Sekarang jamannya serigala berbulu domba. Meskipun sekarang, lebih enak kalo ngomongnya dibalik, jadi domba berbulu serigala. Ya maklum, bulu serigala lebih mahal di banding bulu domba. Ya toh? Hehe- Entah itu dimanapun, beberapa obrolan pas ramadhan kemarin ujung-ujungnya berbau-bau islami. Dari gosip versi Islami, acara cekakakan versi Islami, sampe sampe goyang-goyang dangdut versi Islami. Wah wah, wes jan, mblegedeg mantep tenan. Gak tahu arah, apa gak lulus pelajaran Bahasa Indonesia kali ya. Kok ya bisa ruang “Islami” sekarang jadi kata-kata umum yang digunakan selama Ramadhan doang. Tapi gak ada bedanya sama bulan-bulan biasa? Apa ya mau sama, kalo kata-kata itu sekarang jadi trend pembicaraan “koruptor” itu hanya pencuri biasa, gak beda jauh sama “maling ayam” atau “maling sendal”? Sungguh keblinger!!

Ah, emang media sekarang sudah jadi oedjoeng toembak politik praktis. Sudah bisa kayak bakar ikan gurameh, bolak balik kasih kecap buat jadi manis, tapi ya tetep sama, mau dikasih kecap sak-ton pun itu tetep gurameh kalo sudah dimakan, gak bisa itu jadi ikan piranha, meskipun pas lihat kita udah lari duluan sambil kencing-kencing. haha. . Cerita film-film misteri ya gitu ujung-ujungnya kan?

Lupakan sajalah politik praktis itu, mending enakan mikirin usaha buat jadi juragan belalang tempur manggut-manggut aja. Lumayan kan, sepi saja bisa 50ribu dapet satu harinya, kalo dihitung-hitung sebulan bisa saja dapet 1,5 juta. Jadi kepikiran, dalam sebulan, udah bisa beli hape Motorolla Fire android touchscreen sama kredit motor SM*SH. Asal sebulan itu, gak pake minum sama makan. Lah kok? Terus? “Gampang, tinggal pake kartu fren aja, dijamin makan, minum, jajan, gratisssss!! Fren fren, minta makan dong, fren fren minta minum dong!! #plak” Open-mouthed smile

Bilang masalah usaha ini, saya inget cerita sebelumnya bagaimana si tansen ngembangin klinik Tong Fang, dalam kemasan Trilogi Dunia Gaib. Ahh, jadi inget dari artikel itu, saya baru ngenal yang namanya Flash Fiction pertama kali dari Tiara [hehe *nyengir]. Kayaknya kalo mimpi usaha jadi juragan belalang tempur manggut-manggut ini dipegang Tansen, bakalan maju kali ya. Ngalahin franchise manapun, bahkan MLM belalang tempur manggut-manggut bisa jadi satu MLM papan atas yang biasanya pake istilah tingkat-tingkat biar dapet kapal pesiar, jalan-jalan keluar negeri atau apapun. Tapi nanti saya usul aja ke Tansen biar kalo udah jadi petinggi MLM Odong-odong alias belalang tempur manggut-manggut hadiahnya gak usah diambil, ganti segepok uang aja buat diriin sekolah gratis, rumah sakit gratis, WC gratis, beli BMW buat jadi ambulan gratis, dan impian muluk-muluk yang penting ada embel-embel gratis. Lumayan kan, asal gak sampe orang gak sakit jadi banyak yang pura-pura sakit gara-gara cuma pengen naek mobil ambulan BMW yang gratis. Cerita negeri kayangan leeeeeeeeee. . Smile

***

Pemalang, 25 September 2012 –sambil nunggu ibu selesai masak opor buat bekal mudik ke Bandung besok. Hehe

14 thoughts on “Odong-odong si Tansen

  1. RBI says:

    koq jadi bingung, apa hubungannya ya antara odong-odong dengan klinik Tong Fang? hehehe :p
    intinya ilmu marketing yang baik akan meningkatkan pendapatan😀

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s