Ayyamul Bidh/Puasa 3 Hari Setiap Bulannya


Oke, reportase kali ini akan membicarakan tentang ayyamul bidh, atau yang biasa kita kenal dengan yang namanya “puasa sunah 3 hari di setiap bulannya” (panjang banget ya. ^_^)

Berbicara mengenai shaum sunah, pasti yang ada di benak kita adalah shaum Senin-Kamis. Satu hal mungkin yang belum banyak diketahui oleh setiap orang bahwa ada puasa sunnah tahunan yang bernama Ayyamulbidh. Ayyâmulbidh adalah hari-hari pada pertengahan setiap bulan Qomariyah ayau hijriyah yaitu tanggal 13, 14 dan 15, disebut ayyâmul bidh karena kata ayyâm yang berasal dari bahasa arab yang bermakna hari-hari ia bentuk plural dari yaum, sedangkan bidh dalam bahasa arab bermakna putih, sehingga kalau kita gabungkan ayyâmulbidh mengandung arti hari-hari putih. Adapun disebut demikian karena pada tanggal tersebut kondisi bulan sedang purnama dimana bulan memancarkan cahayanya pada Bumi dan meneranginya. Berdasarkan riwayat Abi Dzarr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Wahai Abu Dzarr, jika engkau ingin berpuasa tiga hari dari salah satu bulan, maka berpuasalah pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas.” (HR. At Tirmidzi)

Selain itu, dari Jabir bin Abdillah, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Puasa tiga hari setiap bulan adalah puasa dahr (puasa setahun). Dan puasa ayyamul bidh (hari-hari putih) adalah hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas.” (HR. An Nasai dan dishahihkan al Albani)

Terkadang permulaan puasa ini berbeda antara satu negeri dengan negeri lainnya, sesuai dengan permulaan bulan yang ada di sana. Dan jika tidak melaksanakan shaum itu pada Ayyamul Bidh, tidak mengapa melaksanakannya pada awal bulan atau akhir bulan. Dari Mu’adzah ad ‘Adwiyah, seseungguhnya ia pernah bertanya kepada ‘Aisyah radliyallah ‘anha: “Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa melaksanakan shaum selama tiga hari setiap bulannya?” Aisyah menjawab: “ya”. Ia pun bertanya lagi: “Hari-hari apa saja yang biasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shaum?” Aisyah pun menjawab: “Tidak pernah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memperhatikan hari keberapa dari setiap bulannya beliau melaksanakan shaum.” (HR. Muslim)

Dalam Majmu’ Fatawa wa Rasail, Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata, “Seorang boleh berpuasa pada awal bulan, pertengahannya, ataupun di akhirknya secara berurutan atau terpisah-pisah. Tetapi yang paling afdhal (utama) dilaksanakan pada Ayyamul Bidl, yaitu tanggal tiga belas, empat belas, dan lima belas. Hal ini berdasarkan hadits Aisyah radliyallah ‘anha, “adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa tiga hari setiap bulan, tidak terlalu peduli apakah berpuasa di awal atau di akhir bulan.” (HR. Muslim)

Ayyamulbidh: Pengaruhnya dengan Gravitasi Bulan!!

Mungkin aneh juga, apa iya ada pengaruh antara keduanya? Berdasarkan sumber yang saya baca,

Gaya tarik bulan punya pengaruh dengan emotional state manusia. Ketika gaya tarik bulan sedang besar, emosi manusia akan menjadi peka. Kadar fluktuasinya meningkat. Lebih lengkapnya silahkan baca disini

Emang hubungannya apa sama shaum?
Shaum/puasa kan menahan diri dari apapun yang membatalkan puasa. Bagaimana shaum mengajarkan kita tentang menahan marah, bagaimana shaum mengajarkan kita untuk tetap menjaga hati dari kebohongan dan masih banyak lagi. Itu salah satu contoh, bagaimana shaum memberikan efek psikis yang jika kita terus melatihnya, maka psikis kita akan semakin sehat. Itulah salah satu contoh bagaimana pengaturan psikis kita oleh shaum. Bagus kan pas lagi kita ababil gini?🙂

Selain itu, salah satu keutamaannya adalah seperti yang telah disebutkan di dalam firman Allah (QS. al-Ahzab: 35):

Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya para lelaki muslim dan perempuan muslimah, para lelaki dan perempuan yang beriman, para lelaki dan perempuan yang taat, para lelaki dan perempuan yang jujur, para lelaki dan perempuan yang sabar, para lelaki dan perempuan yang khusyu’, para lelaki dan perempuan yang rajin bersedekah, para lelaki dan perempuan yang rajin berpuasa, para lelaki dan perempuan yang senantiasa menjaga kemaluannya, dan para lelaki dan perempuan yang banyak mengingat Allah, maka Allah siapkan untuk mereka ampunan dan pahala yang sangat besar.”

Kalo misal pengen tahu lebih banyak silahkan kunjungi disini

Nah, emang jelas kan gimana mantapnya shaum pas waktu pertengahan tiap bulannya?🙂
Mari, sama-sama menghidupkan amalan sunah.

Info AB 2012: Ayyamulbidh akan tiba pada

Ahad-Selasa [3-5 Juni 2012],
Jumat-Ahad [31 Agustus-2 September 2012]
Sabtu-Senin [29 September-1 Oktober 2012]
Senin-Rabu [29 Oktober-31 Oktober 2012]
Selasa-Kamis [27 November-29 November 2012]
Rabu-Jumat [26 Desember-28 Desember 2012]

 

Info AB 2013: Ayyamulbidh akan tiba pada

Jumat-Ahad [25 Januari-27 Januari 2013]
Ahad-Selasa [24 Februari-26 Februari 2013]
Senin-Rabu [25 Maret-27 Maret 2013]
Rabu-Jumat [24 April-26 April 2013]
Kamis-Sabtu [23 Mei-25 Mei 2013]
Sabtu-Senin [22 Juni-24 Juni 2013]
Selasa-Kamis [20 Agustus-22 Agustus 2013]
Kamis-Sabtu [19 September-21 September 2013]
Sabtu-Senin [19 Oktober-21 Oktober 2013]
Ahad-Selasa [17 November-19 November 2013]
Senin-Rabu [16 Desember-18 Desember 2013]

 

Info AB 2014: Ayyamulbidh akan tiba pada

Selasa-Kamis [14-16 Januari 2014]
Kamis-Sabtu [13-15 Februari 2014]
Jumat-Senin [14-16 Maret 2014]
Ahad-Selasa [13-15 April 2014]
Senin-Rabu [12-14 Mei 2014]
Rabu-Jumat [11-13 Juni 2014]
Sabtu-Senin [9-11 Agustus 2014]
Senin-Rabu [8-10 September 2014]
Rabu-Kamis [8-9 Oktober 2014] > Selasa, Hari Tasyrik
Kamis-Sabtu [6-8 November 2014]
Jumat-Ahad [5-7 Desember 2014]

 

Sumber-sumber:

1. Keutamaan Ayyamul Bidh di http://www.ardhimurcahya.web.id
2. Pengaruh Gravitasi Bulan di http://tomita.web.id
3. Keutamaan Shaum di http://abumushlih.com/
4. Gambar di http://uniqpost.com

Kalo ada kesalahan mohon untuk dikoreksi. Terima Kasih.

15 thoughts on “Ayyamul Bidh/Puasa 3 Hari Setiap Bulannya

  1. muktihadid says:

    Ternyata puasa Ayyaumulbidh dpt mnjd solusi dlm menentukan perbedaan 1 Syawal dlm tiap tahunnya, krn jauh2 hr sdh di hitung dg pasti dg saum tiap tg 13, 14 dan 15 di bln hijriyah.

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s