Ngeblog WordPress.com Offline, bisaaaaaa!!


Dulu awalnya, berpikir bahwa ngeblog, salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki adalah memiliki internet terlebih dahulu. Setelah itu terpenuhi, barulah kita bisa menjadi blogger yang aktif. Selain hal tersebut, ditambah, selama ini yang paling berada dipikiran adalah, kalo mau ngeblog offline yang kita pakai CMS (Content Management System), dengan CMS, kita bisa ngedit sesuka kita, ngedit sesuai dengan waktu yang kita punya, lalu setelah full kita hosting deh. Selesai. . Tapi permasalahan yang ada sekarang, bahwa CMS juga ternyata ribet juga, apalagi kalo misal hosting, ditambah, informasi yang kita tulis sudah menjadi kadaluwarsa ketika kita hosting. Maklum, ternyata setelah saya aktif ngeblog selama kurang lebih 6 bulan, saya semakin menyadari bahwa statistik blog kita yang semakin naik, dilihat dari ke update-an blog kita tentang berita yang sedang inn. Itu kalo misal ingin mendapatkan statistik yang memang drastis naik, tapi kalau memang tidak dan ingin aman-aman saja ya, silahkan tulis sesukai hati lo. hehehe Winking smile

Satu hal yang menjadi kekurangan CMS (seperti yang telah dipaparkan diatas), membuat saya mencari informasi bagaimana caranya sih buat update blog, atau misalnya awalnya, kita ambil inti dari CMS (semacam blog offline yang mana kita dapat memposting tanpa connect internet), dan ketika kita tersambung dengan internet kita bisa langsung mengupload/mempublish artikel yang kita punyai. Bisa gak ya? Jujur, this is my biggest question i’ve ever seen!! [kalo misal ada yang salah-salah tempat, mohon dimaafkan > eittss, ini bukan arti kalimat gaya-gaya sok Inggris disebelahnya!! Hehehe. . Thumbs up  ]

Lama tak berselang, akhirnya gayung bersambut [berasa cerita siti nurbaya. hehe]. Kekurangan CMS dan keinginan yang menggebu-gebu di atas, ternyata dapat terpenuhi dengan yang namanya Web blog client. Apa itu webblog client? Menurut situs yang berasal dari wordpress itu sendiri[1],

Webblog client is software you run on your local machine (desktop) that lets you post to your blog via XML-RPC. In some cases, the Weblog Client can even manage your weblog entries. You might think of Weblog Clients as the equivalent of email clients such as Outlook Express, Thunderbird, and Eudora Mail. Essentially, the Weblog Client allows you to write a post even if you are off-line; then, the next time you connect to the Internet, you can publish that post.

Bagi temen-temen yang memang belum bisa bahasa Inggris, intinya seperti ini [gaya dikit!! Smile]: Webblog client merupakan sebuah sotfware yang ada di desktop yang membuat kita dapat mempublish ke blog kita melalui XML-RPC[2]. Dalam sebuah kasus-kasus tertentu, atau mungkin keadaan tertentu, Webblog Client ini sendiri dapat mengatur postingan yang ada di dalam blog kita. Mungkin kita semua berpikir bahwa webblog ini seperti email clients [e.g. Outlook Express, Thunderbird, and Eudora Mail]. Tapi yang paling utama, si webblog clients ini memungkinkan kita untuk membuat artikel meskipun kita dalam keadaan offline/tidak connect internet, dan kemudian ketika kita terhubung dengan internet, kita dapat memposting artikel yang kita buat. [Pas banget dengan apa yang muncul dihati :)]

Keunggulan yang ditampilkan  webblog client adalah sebagai berikut[1]:

The ability to write posts without having to go on-line
The ability to save drafts
A nicer interface
Fancy formatting features
Features like cross-posting to multiple blogs
Faster uploading and addition of photos
The ability to keep local backup

Untuk melihat list dari webblog client yang support di Windows, Mac OS X, Linux, Browser-based, Mobile (Android, Blackberry, iPhone, J2ME, Nokia Phones, PalmOS, VimScript) disini, sedangkan untuk yang offline bisa dilihat disini

Untuk langkah pertama kalinya, webblog client yang saya gunakan adalah Windows Live Writer. Windows Live Writer (WLW) merupakan suatu trending topik sendiri ketika kita searching Webblog client. Sayapun merasa tertarik, dan setelah sekian lama mencoba connect, baru hari ini berhasil login/masuk ke blog saya menggunakan WLW [ini juga yang saya heran, kok susah banget buat masuk ke WLW Sad smile].

Setelah awal berhasil masuk, saya disuguhkan oleh satu tampilan yang benar-benar mirip Microsoft Office untuk Windows. Suguhan yang memang eye catching membuat satu ketertarikan tersendiri yang berhasil diberikan oleh WLW. Agar lebih jelas, akan saya lampirkan print screennya dibawah ini:

Tampilan awal windows live writer - 1

Tampilan awal windows live writer

Sejenak pasti kita akan berpikir bahwa itu adalah Mc. Word biasa, namun dengan fitur yang berbeda. Selain keunggulan tentang tampilan yang ciamik, ada beberapa keunggulan yang memang dapat saya simpulkan ketika menggunakan WLW ini.

  1. Fitur Insert Picture, Video, Photo yang cepat;

    Kekurangan WordPress.com dalam melakukan prosesi upload sangat bergantung dengan ukuran file yang akan kita upload, dan juga kecepatan koneksi internet yang ada. Namun hal ini tidak akan terjadi di WLW. Hal ini mungkin dikarenakan kecepatan processor dan memori lah yang berpengaruh terhadap kecepatan tersebut.

  2. Kita bisa dengan mudah Insert Table, berbeda dengan dashboard wordpress.com yang memang tidak bisa memberikan sajian insert table, mungkin bisa tapi kita harus main di tag htmlnya.
  3. Ada fitur pengaturan paragraph [lihat gambar diatas], pengaturan sub dan superscript, spelling, highlight, yang tidak ada pada wordpress.com
  4. Emoticon yang beragam. Seperti: Thumbs up, Thumbs down, Snail, Punch, Broken heart, Cat face . Untuk listnya bisa dilihat dibawah ini: emoticon WLW
  5. Adanya fitur modifikasi upload yang lebih banyak. Misal saja kita upload gambar, maka kita bisa mengatur kontras, efek, watermark, crop, dll. Ini menjadi satu keunggulan tersendiri, mengingat minimnya sajian wordpress.com sendiri.
  6. Adanya fitur pengaturan paragraph yang ada di Ms. Office.
  7. Interface yang lebih lapang jika dibandingkan dengan dashboard wordpress.com
  8. Fitur preview dan source yang menarik. Ini digunakan apabila teman-teman ingin melihat source code yang ada pada wordpress itu sendiri, serta tampilan yang sudah teman-teman buat (maklum, terkadang untuk priview pada wordpress.com benar-benar sangat tergantung jaringan internet. Broken heart)
  9. Fitur yang lebih dari beberapa desktop client yang pernah saya coba: Posting melalui Microsoft Office, dan juga email [non webblog]. Misalnya fungsi quotes, pengisian tag, pengisian category, upload video.
  10. Multiplatform; Mungkin inilah yang menjadi satu keunggulan tersendiri. WLW ini support WordPress, Blogspot, Windows Live, LiveJournal, TypePad dan masih banyak lagi.

Itulah keunggulan WLW yang ada menurut pandangan saya. Keunggulan WLW ini memang sangat menarik, apalagi bagi temen-temen yang jarang sekali onfline, atau mungkin pas teman-teman sedang berada di daerah pelosok, maka cukuplah webblog client menjadi satu solusi tersendiri yang temen-temen ambil untuk tetap eksis menjadi blogger (maklum, blogger itu ibarat para pekerja TA, sekali kepleset, bangun buat nulis artikelnya minta ampun susahnya. Hot smile). Sekali lagi, WLW sangat pantas untuk diinstall dan digunakan bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan dashboard yang ada di wordpress.com sekalipun.

Windows Live Writer dapat di download disini: Softpedia [disini], dan Filehippo [disini]. Selamat berkreasi para blogger. Hehehe

Footnotes:

[1]. http://codex.wordpress.org/

[2]. XML-RPC (or API) endpoint, which will be your blog domain followed by “xmlrpc.php”. So, for example, if your blog was at kutu,djangkrik.wordpress.com, your endpoint would be: http://kutu.djangkrik.wordpress.com/xmlrpc.php

12 thoughts on “Ngeblog WordPress.com Offline, bisaaaaaa!!

  1. Rhendhi says:

    mantap gaan inpo nya.. makin kren aja nih mas yg satu ini..
    Ditunggu kunjungannya ke blog saya yang masih cupu, bahkan seumur jagung pun belum🙂

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s