Hasil Membanggakan Tim Robot IT Telkom di USA


Satu berita yang sangat membanggakan bagi Indonesia terlebih Insitut Teknologi Telkom yaitu ketika Institut Teknologi Telkom menempatkan wakilnya pada Trinity Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter 2012 di kampus Trinity College, Hartford, Connecticut pada tanggal  30 Maret hingga 1 April 2012 dan berhasil membawa 3 piala.

Rombongan dari IT Telkom terdiri dari empat mahasiswa, yakni Candra Herdianto, Andrean Permana Ardhi, Dian Wahyu Widiyanto, dan Dhimas Arveliansyah membawa 5 robot gawean (buatan -red) mereka sendiri, yaitu
– HAMAZAR [Fire Fighting Robot Wheeled Division]
GARUDA 1 [Fire Fighting Robot Wheeled Division]
– GARUDA 2 [Fire Fighting Robot Wheeled Division]
– ARJUNA [Fire Fighting Robot Legged Division]
– 1-N3M [Robo Waiter]

Sekilas tentang Kontingen Robot Indonesia

Untuk kontes robot cerdas yang di adakan di Trinity College, Indonesia mengirimkan wakilnya yang berasal dari tiga Perguruan Tinggi di Bandung, yaitu Institut Teknologi Telkom, Insitut Teknologi Bandung dan Universitas Komputer Indonesia. Mereka harus berburu kemenangan dengan sekitar 130an tim yang ikut bertandang di kompetensi bergengsi tersebut. Kategori yang di perebutkan disana terdiri dari kategori Junior Division, High School Division, Senior Division, Expert Division, Walking Division, RoboWaiter Entry Level dan RoboWaiter Advanced. Selain Indonesia, terdapat beberapa negara lain yang turut berpartisipasi, yaitu Amerika Serikat, Portugal, Israel dan China.

Berdasarkan kabar langsung dari sang empunya robot, dari 5 robot yang mereka bawa, kontingen IT Telkom tersebut berhasil menyabet 3 piala dengan komposisi: Hamazar berhasil menjadi juara 1 di divisi beroda, Garuda 1 berhasil menjadi juara 2 di divisi beroda dan Arjuna berhasil menjadi juara 1 di divisi berkaki. Hasil robot ini merupakan buah karya dari punggawa-punggawa riset yang ada di EIRRG IT Telkom. EIRRG sendiri merupakan singkatan dari Electronics and Intelligence Robotic Research Group, sebuah riset group dibawah Laboratorium Perancangan Sistem Elektronika, Fakultas Elektro dan Komunikasi yang ada di Institut Teknologi Telkom. Untuk keseluruhan pemenang adalah sebagai berikut

  1. Untuk Fire-Fighting Robot Senior Division (Robot Beroda): juara pertama adalah tim Hamazar dari ITTelkom dan juara kedua adalah tim Garuda #1 dari ITTelkom, dan juara ketiga tim robot dari Shepherd University USA.
  2. Untuk Fire-Fighting Robot Walking Division (Robot Berkaki): juara pertama adalah tim Arjuna dari ITTelkom, juara kedua adalah tim Yaqut dari ITB dan juara ketiga adalah tim Aqabah dari ITB.
  3. Untuk RoboWaiter Entry Level: juara pertama adalah tim DU99RWS4-V12) dari Unikom
  4. Untuk RoboWaiter Advanced Division: juara pertama adalah tim DU99RWE4-V12 dari Unikom dan juara kedua adalah tim DU99RWE-V12 dari Unikom (diambil dari stei.itb)

Ini dia squad robot IT Telkom yang kemarin dibawa ke USA!!

Kalo pengen liat robot dari Unikom, ini fotonya (semoga bener ya ini fotonya. hehe :)):

Dan yang paling penting inilah salah satu dukungan dari artis papan atas Indonesia di dalam kemenangan Tim Robot IT Telkom:

Selamat buat teman-teman yang telah mengharumkan nama Indonesia terlebih nama Insitut Teknologi Telkom!! IT Telkom Pasti Bisa!!! Semoga dapat membawa kemanfaatan bagi yang lain. Aminnn. . Bravo, mantap, jos gandos dah!!🙂

“Mereka yang bertekad menjadi raksasa dan legenda, biasanya menutup mata atas kesuksesan yang ia raih, apalagi kesuksesan kecil. Sukses dalam pandangan mereka merupakan satuan-satuan yang terangkai secara berkesinambungan dalam bingkai waktu. Setiap sukses yang mereka raih biasanya dipersepsikan sebagai salah satu inti dari keseluruhan sukses yang mereka rencanakan. [Anis Matta]”

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s