Tes kemampuan mengetik Anda sekarang!!


Jika kita berbicara mengenai mengetik dengan menggunakan 10 jari, mungkin itu merupakan hal yang mustahil untuk kita lakukan, kebiasaan mengetik dengan menggunakan 11 jari dan sudah dilakukan bertahun-tahun mungkin sudah merasuk di diri kita sehingga kebiasaan yang mulia tersebut susah untuk dihilangkan. Tapi apa daya jika memang lagi-lagi skripsi atau Tugas Akhir  menuntut pekerjaan mengetik apalagi membuat proposal seminar TA 1 menjadi suatu kebutuhan dengan tingkat kecepatan yang ada pada level superb? Nah lo, apakah dengan idealisme kita sebagai mahasiswa, akan tetap dengan ciri khas kita yaitu 11 jari? (#maksa) Atau mungkin dengan kita menurunkan derajat keangkuhan kita, lalu kita mencoba belajar menggunakan 10 jari? (#apa ada hubungan antara angkuh sama 10 jari ya? Hahaha #agak mendramatisir)

Di internet ada sebagian tes mengetik, mengukur kecepatan, mengukur akurasi, dsb. Baik yang bisa di modifikasi menggunakan bahasa inggris, bahasa Indonesia atau yang lain. Dari pada pusing mikir pekerjaan atau ngisi TTS yang isinya cuma ngibuli kita (Cover depan cewek model tapi dalamnya cuma kotak-kotak mulu. Hehe #inspirasi Stand Up Comedy) mendingan kita merefresh pikiran kita melalui tes kecepatan mengetik.🙂

Yang saya tahu, untuk tes kecepatan mengetik kita dapat menggunakan web online seperti di bawah ini

  1. http://indonesian-speedtest.10-fast-fingers.com/ dengan versi Inggrisnya http://speedtest.10fastfingers.com/
  2. http://typing-test.net/
  3. http://www.typingweb.com
  4. http://www.keybr.com/

Review

Dari keempat speedtest di atas, maka masing-masing mempunyai ciri khas yang berbeda-beda, jika kita menggunakan yang pertama (Indonesian-speedtest), maka kita akan mendapatkan kata-kata yang mudah dengan tidak membagi tingkat sensitifitas menggunakan huruf kapital atau huruf biasa. Selain itu untuk indonesian-speedtest, kita bisa langsung memposting dengan menggunakan badge seperti yang sudah diberikan oleh Indonesian-speedtest. Pada Indonesian-speedtest kita juga dapat mengubah menggunakan bahasa apapun yang kita inginkan, keunggulan salah satu web online ini ada pengaturan bahasanya. Cek (http://speedtest.10fastfingers.com/). Tak hanya itu, kita juga dapat belajar bagaimana cara mengetik disini.

Untuk typing-test ini lumayan sulit, kebiasaan mengetik dengan menggunakan bahasa Indonesia, membuat mengetik menggunakan bahasa Inggris agak belibet. Maklum, jika kita mengetik menggunakan bahasa Indonesia, kita mempunyai satu huruf konsonan wajib yang memang kebanyakan ada dalam setiap kalimat, tapi kalo memang memakai bahasa Inggris hal ini menjadi satu hal yang tidak terduga. Hehe (#pengalaman sendiri aja sih)🙂. Di typing test juga kita dapat langsung melihat WPM (Word per Minutes) dan akurasi yang ada di sebelah tempat kita mengetik.

Berbeda dengan kedua saudaranya di atas (kayaknya sih saudara :)), untuk typingweb ini mempunyai kelengkapan yang lebih. Disini kita dapat dengan mudah mendapatkan tutor dan yang lebih maknyoos, kita bisa mendapatkan sertifikat writing. Mungkin di luar negeri kalo mau kerja di tempat rental, harus punya sertifikat menulis kali ya. Hehe

Yang terakhir dan pamungkas (#lengkapnya: Bambang Pamungkas), kita dapat menggunakan keybr.com. Nama memang menggambarkan web online tersebut dimana tata letak ketik, menyerupai keyboard yang ada di pasaran. Untuk masalah ketik mengetik kita dengan mudah mendapatkan statistik dari ketikan kita (misal yang sering benar huruf apa, dan yang sering salah huruf apa). Ini sekaligus dapat memberikan gambaran kepada kita, huruf apa yang masih sering tidak kita gunakan. That’s Amazing!🙂

Mau pilih yang mana, silahkan!!🙂

Ingat!! Bagi latihan pengetikan, harus berpedoman pada apa yang disampaikan oleh Aa Gym, yaitu “Orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini”
Silahkan coba masing-masing!!
Semoga bermanfaat. :)

Bandung, 18 Maret 2012

5 thoughts on “Tes kemampuan mengetik Anda sekarang!!

  1. Sii Isni says:

    Ngakak baca ini; “Orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini”
    Apalagi kalau bisa gaet dua atau tiga istri lagi. Haghag…😀

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s