Seluk Beluk Registrasi Semester [topik: Semester Genap 2011/2012 IT Telkom]


Di bawah ini akan saya jelaskan mengenai registrasi semester (ditambah jadwal dan seluk beluk registrasi semester genap tahun ajaran 2011/2012) mengingat memang tidak sedikit mahasiswa yang menanyakan hal-hal mengenai registrasi semesteran yang mungkin lebih banyak di tanyakan mahasiswa semester unyu (baca: semester baru. :)), buat mahasiswa “yang sudah berada pada level kedewasaan tertentu” alias semester akhir silahkan disimak saja. Hehe. .

Jika berbicara masalah registrasi maka akan diperjelas mengenai alur seperti ini PEMBAYARAN -> REGISTRASI MATA KULIAH [INPUT MATA KULIAH] -> ACC DOSEN WALI -> CETAK KSM, satu hal yang harus di catat dalam masa registrasi adalah waktu registrasi, ingat di kampus kita ini menganut teori bahwa jika telat maka akan diberi hadiah berupa uang minus alias denda yang besarnya dihitung Rp. 50.000,00 per hari dan max Rp. 500.000,00. Ingat, catat jadwal baik-baik!!

Untuk semester genap kali ini, jadwal registrasi seperti di bawah ini:

Mahasiswa [masa study normal]/masih dalam waktu kuliah normal, S1 dengan 4 tahunnya, D3 dengan 3 tahunnya] mempunyai waktu Pembayaran BPP Paket: 01-24 Januari 2012 serta Perwalian dan Registrasi 24-30 Januari 2012 [perwalian dilakukan setelah melakukan pembayaran]
Sedangkan mahasiswa yang melampaui masa study normal [sudah melampaui target diatas] mempunyai waktu perwalian dan registrasi: 24-26 Januari 2012 serta pembayaran BPP non-paket: 24-30 Januari 2012 [perwalian dan registrasi dilaksanakan sebelum pembayaran]

Pembayaran dikampus kita ini dilakukan melalui dua cara yang sering digunakan, yaitu Pembayaran Manual [alias setor via bank ke rekening ITT] dan Multipayment [alias via atm]. Pembayaran merupakan hal yang paling penting untuk menentukan nasib kita di semester depan. Ingatkan jauh-jauh hari kepada orang tua mengenai hal ini, karena jujur saja hal ini tergolong hal yang sakral yang terkadang dianggap sepele oleh kita (ceilah. . )🙂

Dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu media pembayaran uang kuliah.

Pembayaran Manual: Pembayaran ini dilakukan dengan menyetorkan secara langsung se-gepok uang dan kita transfer ke Rekening Institusi. Saya sendiri lupa berapa nomor rekening yang dituju. Hehe J. Biasanya di bank Mandiri yang ada di kampus kita ini sudah disertakan form khusus untuk melakukan pembayaran kuliah. Jadi kesimpulan awal yang dapat diambil jika menginginkan jalur pembayaran yang satu ini saya rekomendasikan untuk membayarkan langsung ke Bank Mandiri yang ada di kampus.🙂

Jika kita mengambil jalur pembayaran manual satu hal yang perlu dicatat dan sekaligus menjadi satu hal yang tidak direkomendasikan melakukan pembayaran melalui jalur ini adalah karena pembayaran yang satu ini kita harus melakukan verifikasi manual bahwa kita melakukan pembayaran. Cara melakukan verifikasi yaitu dengan pergi membawa bukti pembayaran ke bagian keuangan Institusi [rektorat/Gedung D lt 2 setelah tangga belok kanan pintu pertama. –gak hapal nomornya. :)] Jika memang sudah berada diluar kota, itu artinya temen-temen harus menuju ke kampus lagi dan menyerahkan struk pembayaran ke bagian keuangan sebelum masa pembayaran BPP paket ditutup!! Gak banget kan? Hehe [rekomendasi berikutnya, pembayaran ini tidak dianjurkan!!]🙂

UPDATE [18 Januari 2012] Pembayaran udah bisa verifikasi Online di i-gracias!! Alhamdulillah!!🙂

Pembayaran Multipayment: Pembayaran ini dilakukan melalui ATM yang dikirimkan ke rekening kampus secara otomatis. Pembayaran melalui jalur ini untuk semester genap (dan memang baru secara resmi ada di semester ini) dilakukan melalui 2 bank, yaitu Mandiri dan BNI.

Pembayaran melalui BNI

Masukkan kartu, pin sehingga muncul menu
  Pilih menu Pembayaran
  Pilih menu Universitas
  Pilih menu SPC (Student Payment Center)
  Masukkan kode Univ: 9097
  Masukkan NIM
  dan seterusnya.

Pembayaran melalui Mandiri

Untuk pembayaran melalui mandiri ini jika dilihat khusus untuk semester ini terdapat perubahan sedikit, yaitu pada waktu input NIM. Jika waktu-waktu sebelumnya hanya menginputkan NIM saja, untuk semester ini ditambahkan kode Universitas pada awal sebelum NIM, yaitu 001 (untuk IT Telkom), maklum pembayaran ini ternyata digabungkan dengan seluruh bagian dari yayasan pendidikan Telkom. Untuk lebih lengkapnya silahkan dilihat di bawah ini, langsung dikeluarkan dari Bank Mandiri:

Untuk pembayaran paket, Mandiri mengenakan biaya Rp. 2500,00. Jadi misal 3 juta berarti menjadi Rp. 3.002.500,00. Berhubung sekarang Mandiri menerapkan saldo minimal Rp. 100K, maka pada saat menabung untuk melakukan pembayaran lihat dulu saldo yang ada di ATM dan sesuaikan. Pengalaman, kurang Rp. 2000,00 saja registrasi tidak bisa dilakukan. Hehe.🙂

FAQ pembayaran
– Apakah perlu verifikasi jika membayar melalui multipayment?
Jawab: Tidak perlu. Karena secara otomatis dari bagian keuangan akan secara update melihat mahasiswa yang sudah membayar.
– Berarti setelah transfer via Multipayment berarti kita bisa langung registrasi?
Jawab: Gak selalu. Karena registrasi bisa dilakukan setelah kita dinyatakan sudah lunas dalam pembayaran semester yang dapat dilihat di i-gracias. Untuk multipayment biasanya verifikasi berkisar antara 1-2 hari atau bahkan lebih tergantung dari jaringan sibuk dll atau biasanya semakin mendekati H-0 trafik semakin padat dan verifikasi biasanya semakin agak lama. Hehe.. Tapi tenang, itu sangat jarang terjadi. Waktu verifikasi (atau dapat dikatakan di i-gracias kita sudah dikatakan membayar) normal 1-2 hari. Tapi jika memang lebih tidak ada salahnya kita menanyakan langsung ke bagian BAA yang biasanya diarahkan ke Bagian Keuangan dengan membawa struk pembayaran.

REGISTRASI

Diingatkan lagi, registrasi merupakan serangkaian kegiatan yang berkelanjutan, dari input mata kuliah à ACC Dosen Wali à Pencetakan KSM, dan untuk mencapai itu semua hal yang perlu diingat adalah semua itu bisa dilakukan setelah kita dinyatakan LUNAS pada tahap pembayaran dan tidak ada masalah dengan BUKU PERPUSTAKAAN. Untuk yang bermasalah di buku perpustakaan, membuat kita tidak bisa melakukan registrasi!! Ingat [masa pengembalian hingga 16 Januari 2012]

Bagi mahasiswa yang memang masih mengambil paket seperti yang tertulis di buku panduan akademik maka bukanlah suatu kesulitan untuk mengambil mata kuliah, tetapi bagi mahasiswa yang mengambil diatas paket (alias 20 hingga 24 sks) maka satu hal yang perlu dicatat adalah jangan sampai ngambil diatas paket malah memberatkan kita di semester depan. Jadi saya rekomendasikan untuk berkonsultasi dengan kakak angkatan baik/buruknya, susah/tidaknya, banyak/tidaknya tugas, baik/tidaknya dosen dan bla bla bla agar lebih bijak dalam mengambil keputusan.🙂

Bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah bawah, alias ngulang, maka biasanya kita harus nge-drop mata kuliah paket. Untuk mata kuliah paket yang akan di drop kita harus hati-hati apalagi jika memang itu rangkaian dari spider lesson [alias mata kuliah berjenjang, -nyambung gak ya. Haha . .]. Maksudnya gini, misal di jurusan SK, untuk mengambil mata kuliah Protokol Routing di semester 7, maka kita diharuskan sudah mengambil mata kuliah Arsitektur Komputer di semester 6. Jika kita belum mengambil, maka secara otomatis, sistem tidak bisa memunculkan mata kuliah Protokol Routing di semester 7 yang dapat kita ambil. Kejadian ini baru secara resmi terjadi sejak semester ganjil 2011/2012 meskipun ada beberapa prodi yang sudah menerapkan sejak tahun 2008an awal. Hehe. . Nah untuk dapat mengetahui spider lesson, silahkan tanya ke kakak angkatan atau dosen wali masing-masing biar gak salah ngedrop mata kuliah.🙂

Setelah input mata kuliah, dan yakin, maka kita siap ACC wali. Ada sebagian doswal yang memang melakukan perwalian jauh-jauh hari sebelum masa registrasi. Tujuannya ya ini, biar ketika mahasiswa sudah nginput dan siap ACC, maka doswal tinggal “ngeiyain” aja, dan selesai.

Oh ya, ada yang lupa. Ni catatan buat yang mengulang. Di prodi SK, untuk mahasiswa yang mengulang, maka diwajibkan mengikuti kelas gabungan (alias kelas para veteran). Saya kurang tahu, apakah untuk prodi lain ada yang seperti itu atau tidak. Untuk SK sendiri, bagi para mahasiswa yang tergabung dalam IMN (Ikatan Mahasiswa Ngulang) wajib input mata kuliah yang mau diulang tetapi kelas mengulang (biasanya kelas akhir, misal SK 33-03 dari 2 kelas tersedia), ketika mahasiswa memasukkan ke dalam kelas SK 33-01 maka secara otomatis, dosen wali akan memindahkannya ke dalam kelas ngulang, tapi dengan kondisi mungkin masih ada terjadi bentrok. Jadi jika memang nantinya akan pilih kelas, mending diteliti lagi ketika ingin input, lihat baik-baik kelasnya.

Setelah ACC doswal, maka kita siap mencetak KSM (Kartu Study Mahasiswa), dan tahap registrasi selesai.🙂

FAQ Registrasi

– Kapan dikatakan registrasi telah selesai/berakhir?
Jawab: Registrasi telah dikatakan selesai setelah kita cetak KSM. Ingat!! Setelah cetak KSM. Banyak mahasiswa salah dalam hal ini, dimana semua mengira registrasi telah selesai ketika kita sudah membayarkan uang semester. Jika tidak ingin kena denda, jangan tunda cetak KSM
-Bagaimana dengan denda Rp. 50.000/hari?
Jawab: Denda di atas dikenakan pada saat kita telah berada di luar waktu registrasi [ditandai dengan cetak KSM] (kalo memang bukan diatas tanggal 24 Januari berarti diatas tanggal 30 Januari 2012, -saya kurang tahu. J) dan di berikan toleransi hingga masa PRS (Perubahan Rencana Study), 17 Februari 2012.
-Bagaimana jika memang kita telat melakukan pembayaran? Bagaimana membayarkan uang denda?
Jawab: Nah, jika kita telat dalam melakukan pembayaran maka kita harus membayarkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah hari kita telat X Rp. 50K. Uang dibayarkan melalui Bank Mandiri yang ada di kampus, dan kemudian lapor ke pihak BAA.

Pengalaman, jangan sampai telat deh, kenyataan yang ada alurnya gak jelas, dan kita di suruh sana sini buat ngurus, ya sisfo lah, ya ke BAA lah, ya ke Bagian Keuangan, ya ke Dosen Wali, dilempar lagi ke Ka Prodi. Gak jelas buat ngurusnya!! Apalagi untuk input mata kuliah. Ingat, setelah melakukan pembayaran, terkadang input-input mata kuliah belum bisa dilakukan karena masih dikunci. Jika memang belum, ya tadi harus melalui serangkaian alur yang belum pasti. Rekomendasi jangan sampai telat!! Tapi jika telat, tanya apapun ke BAA saja. Semoga tahun ini bisa ada peningkatan kejelasan alur. Hehe🙂

-Bagaimana jika memang belum membayar sampai proses PRS berlangsung [diatas 17 Februari 2012]:)
Jawab: Berarti kita dianggap registrasi mata kuliah dengan 0 sks. Ini sekaligus menjadi permasalahan di semester berikutnya. Yang ada di semester lusa, kita masih berhutang sebesar uang kuliah semester depan [dan artinya kita membayar dobel untuk semester lusa]. Ingat!! Tapi kan ini secara tertulis, gak tahu ketika nantinya dibahas dengan jalan musyawarah. Hehe [Penerapan mata kuliah KWN waktu SMA nih, tenggang rasa dan tepo seliro]🙂

-[Penting] Bagaimana jika memang orang tua kita belum mempunyai uang untuk membayar?
Jawab: Di tempuh melalui dua cara, yaitu mengajukan cuti akademik dan [ini yang paling penting] mengajukan keringanan. Cuti akademik berarti kita cuti satu semester di semester depan tanpa ada potongan masa kuliah. Yang saya tahu, masa kuliah kita di ITT yaitu sekarang hanya 6 tahun. Jika kita cuti 1 semester, maka masa kuliah max kita tidak akan menjadi 6,5 tahun tapi tetap 6 tahun. Kalau untuk masalah cuti, teman ada yang cuti satu semester saja kok, ini mungkin juga menepis kabar bahwa kalo cuti harus 1 semester.

Cara kedua, [ini yang paling direkomendasikan jika memang orang tua kita belum mempunyai uang full untuk membayar kuliah] yaitu dengan cara mengajukan keringanan. Keringanan disini “biasanya” mahasiswa diperbolehkan melakukan pembayaran setengahnya hingga masa UTS, dan setengahnya dibayarkan setelah UTS. Bagaimana prosesnya? Agak ribet. Hehehe J. Biasanya untuk pengajuan keringanan orang tualah yang bergerak disini. Biasanya mahasiswa dan orang tua diharuskan menghadap kepada Warek 1 karena katanya ACC keringanan ada di beliau. Coba tanyalah ke bagian BAA dan keuangan mengenai hal ini!! Saya kurang tahu masalah ke-legalitasan mengenai hal ini, tapi yang jelas jalur ini ada di waktu silam.🙂

PRS [PERUBAHAN RENCANA STUDY]

Jika memang kurang sreg dengan mata kuliah yang diambil, atau mungkin pengen ngilangin mata kuliah yang diambil, maka kita akan masuk dengan yang namanya PRS/Perubahan Rencana Study. PRS sejatinya, hanyalah melakukan drop mata kuliah, hanya itu saja. Tidak sampai mengganti apalagi menambah. Misal pada waktu registrasi mata kuliah ambil 24 sks, misal disana ngambil/ngulang Antenna gara-gara nilainya B, padahal target A. Nah setelah dipikir matang-matang takut nilai Antenna jadi C maka lebih baik di drop saja, nah inilah guna dari PRS. Jeng jeng. .🙂

Selesailah sebuah catatan registrasi dari awal hingga akhir, yang perlu diingat adalah ketika memasuki registrasi semester pasang tuh sabar banyak-banyak, takut ada sedikit masalah jadi bisa terselesaikan dengan baik dan benar. Maklum, alur masih kurang jelas. Hehe🙂

Barangkali ada kekurangan silahkan untuk ditambahkan.

Semoga bermanfaat!

Pemalang, 15 Januari 2012

Please, give me advice for my articles!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s